Anggota DPRD Balangan Minta Peninjauan Kenaikan Biaya Jamaah Haji

by baritopost.co.id
0 comment 1 minutes read
Berhaji untuk menunaikan Rukun Islam kelima (foto:dok)

Paringin, BARITOPOST.CO.ID – Anggota DPRD Balangan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) M Rusdin Barhiwan mengusulkan peninjauan ulang terhadap usulan kenaikan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2023 oleh Kementerian Agama RI.

“Kami sepakat satu suara dengan PAN pusat bahwa kami menyampaikan peninjauan ulang terkait pembiayaan yang cukup besar BPIH 2023,” kata Rusdin.

Disampaikan Rusdin, pihaknya sendiri menilai bahwa ada kenaikan hampir 100 persen dari biaya awal yaitu dari Rp.39 juta ke Rp.69 juta.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan usulan BPIH tersebut dapat ditinjau ulang serta dihitung kembali berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk biaya perjalanan ibadah haji tahun 2023.

BACA JUGA: Dewan Balangan Ajak Warga Hidup Sehat dengan Olahraga

“Kami satu suara bahwa kami sampaikan harus ditinjau ulang, bahkan kalau bisa tidak jadi dinaikkan,” ujarnya.

Selain itu, ucapnya, memang kalau dilihat dari setoran awal haji ini cuman sekitar Rp.25 juta yang disetorkan ke bank, tetapi kalau dilihat lagi masyarakat lebih banyak menambah dari setoran awal hingga lebih dari 100 persen.

Diungkapkannya, dari dana haji ini juga ada segi investasinya karena di Balangan sendiri hampir 30 tahun baru bisa diberangkatkan. Sementara kalau dilihat dari daftar sangat luar biasa kenaikannya dan cukup lama juga menunggunya.

Penulis: Tahmidilah

You may also like

Leave a Comment