Anggota DPRD Balangan Hadiri Pembukaan MTQ Ke – 16 Tingkat Kabupaten Balangan

Anggota DPRD Syamsudinoor dan Muhammad Rizkan Menghadiri MTQN ke-16

Paringin, BARITOPOST.CO.ID – Anggota DPRD Syamsudinoor dan Muhammad Rizkan menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-16 Tingkat Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, di Desa Sungsum, Sabtu (19/8/2023) sore.

“Saya sangat mengapresiasi Drama Kabaret yang ditampilkan tadi, isinya mengenalkan seluruh objek wisata di Kecamatan Tebing Tinggi dan kebiasaan masyarakatnya,” ucap legislator Syamsudinoor.

Baca Juga: Forkot Banjarmasin Dukung Keadilan Restoratif

Drama Kabaret yang diperankan oleh delapan pelajar dari sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi menjadi pembuka dalam kegiatan tersebut.

Drama Kabaret sukses menghibur dan memukau tamu undangan, termasuk seluruh masyarakat yang hadir dengan ceritanya.

Dengan beragam objek wisata dan kearifan lokal serta kebiasaan masyarakat yang terdapat di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi satu persatu diperkenalkan kepada tamu undangan lewat ceritanya.

Baca Juga: Forkot Banjarmasin Dukung Keadilan Restoratif

Di antaranya dari objek wisata Gunung Hantanung, Riam Bainggi hingga Sungai Maranting. Termasuk kebiasaan masyarakat seperti Manoreh (Menyadap Karet), Bantanjang (Menanam Padi di Sawah) dan Barincah (membersihkan lahan sawah).

Sementara itu, ditemui selesai acara pembina sekaligus pemilik ide cerita dan sutradara Drama Kabaret, Nuril Anwar, mengatakan judul atau tema dari drama itu adalah Basatu Budaya Dalam Wisata-Kasumbungan Buhan Panglima Pangku Alam Budaya.

Nuril menjelaskan drama ini bertujuan untuk memeriahkan pembukaan MTQN ke-16 Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi sekaligus mempromosikan objek wisata dan kebiasaan masyarakatnya.

Baca Juga: Forkot Banjarmasin Dukung Keadilan Restoratif

“Drama Kabaret Merupakan Drama Lipsink Bertajuk Drama Musikal dipadukan dengan komedi segar dan renyah yang disesuaikan dengan kondisi alam dan budaya Tebing Tinggi dengan menganut lagam Bahasa lokal Bahasa Banjar Pahuluan, Hulu Balangan, Yaitu Tebing Tingg,” jelas Nuril.

Ia berharap objek wisata yang terdapat di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan Kalsel bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga.

Penulis: Tahmidilah

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Workshop Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

DPRD Balangan Sampaikan Pemandangan Umum Atas Dua Buah Raperda

Stand DPRD Balangan di Balangan Expo Tampilkan Berbagai Info seputar Kegiatan Dewan