Akses Jalan Alternatif Tanbu Sudah Bisa Dilewati

by admin
0 comment 2 minutes read

Batulicin, BARITOPOST.CO.ID – Akses jalan alternatif baru yang dibuat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akhirnya dapat dilalui dan terpantau ada puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat dan roda enam yang melintas, Senin (17/10/2022).

Jalan alternatif yang dibuat pemerintah daerah setempat untuk mengatasi putus totalnya akses jalan nasional Kilometer 171 Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, akibat longsor susulan belum lama tadi.

Firman, salah satu pengendara yang melintas mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tanbu, karena menurutnya dengan sigap telah membuatkan jalan alternatif tersebut.

“Meskipun masih agak macet, tapi tidak apa apa daripada tidak bisa sama sekali dilewati. Alhamdulillah ada jalan baru alternatif yang bisa dilintasi,” ungkapnya.

Firman menyentil untuk mengatasi permasalahan longsornya jalan nasional itu sebenarnya bukan kewajiban Pemkab Tanbu, tapi kewajiban Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalsel.

“Hal ini bukan kewajiban Pemkab Tanbu, jalan rusak karena penambangan atas ijin pemerintah pusat, akibatnya Pemkab Tanbu seakan malah dinilai tidak memperhatikan nasib warga setempat yang melintas,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanbu, DR H Ambo Sakka saat kembali meninjau jalan terputus total akibat longsor susulan pada Ahad (16/10/2022) mengatakan, terkait perkembangan di lapangan, peristiwa terjadi sejak kemarin tersebut merupakan longsor susulan sudah kesekian kalinya.

“Kami pemerintah kabupaten sesuai yang disampaikan Bupati dr HM Zairullah Azhar untuk membangun jalan alternatif jalan daerah,” ungkap Ambo Sakka dalam keterangan pers saat di lapangan didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanbu, Subhansyah.

Sekda Ambo juga terlihat didampingi Camat Satui, Kadri Mandar dan Kasatpol PP Damkar, Anwar Salujang untuk meninjau langsung.

“Jalan alternatif ini sewaktu-waktu bisa digunakan kelancaran transportasi menuju Tanah Bumbu, Kotabaru termasuk IKN,” katanya.

Ia menerangkan, jalan alternatif menuju Tanah Bumbu diprediksi sudah dapat digunakan dengan baik mulai saat ini.

Ambo menyatakan, jalan alternatif itu insyaallah sore ini sudah bisa dilewati mulai malam ini, insyaallah sudah lancar kembali transportasi dari Banjarmasin ke Tanah Bumbu.

Terpisah, Kasatlantas Polres Tanbu, AKP Guntur Setyo Prambudi memastikan jalan alternatif sudah bisa dilewati masyarakat.
Diingatkannya agar selalu berhati-hati. Sebab, kondisi jalan alternatif terpantau licin akibat hujan terjadi belum lama ini.

“Jadi harus tetap hati-hati, karena kondisi jalannya licin. Pengendara harus ekstra waspada melintasi jalan alternatif,” imbaunya.

Penulis : Arsuma
Editorn  : Sophan Sopiandi

You may also like

Leave a Comment