Agar Bisa Lebih Bersaing, IKM Banjarmasin Dibekali Kemampuan Pengelolaan Ekspor

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor didampingi Kadisperdagin Kota Banjarmasin, Ikrom Muftesar.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Skill Pelaku usaha kecil di Banjarmasin semakin ditingkatkan. Baru ini mereka pun diberikan Pelatihan Prosedur Ekspor oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Senin (8/7/2024).

Pelatihan tersebut bekerjasmaa dengan Pusat Pelai Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan.

Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor, mengatakan, bahwa pelatihan itu berguna untuk memberi pengetahuan praktis tentang prosedur ekspor untuk menambah wawasan para pelaku usaha yang ada di Kota banjarmasin.

Baca Juga: Ibnu Sambangi Stand Pemko Banjarmasin di Indonesia Maju Expo Jakarta

“Melalui pelatihan ini, para peserta akan diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prosedur terkait kegiatan ekspor, serta strategi dan teknik-teknik yang efektif dalam memulai kegiatan ekspor,” ucap beliau.

“Kami berharap kedepannya, dengan semakin berkembangnya kegiatan ekspor di Kota Banjarmasin, akan dapat meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat,” tambahnya.

Disisi lain, Ketua Tim Ekpor PPEJP, Junianto mengatakan pelatihan itu dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari 8 Juli hingga 10 Juli yang bertujuan untuk melakukan pelatihan ekspor ke negara lain.

“Nah kita coba akan tingkatkan ekspor dari para IKM/UKM di Banjarmasin yaitu prodak-prodak yang ada pada saat ini adalah makanan minuman kemudian ada kerajinan anyaman dan ada tadi alat musik biola yang sudah melakukan ekspor ada juga dari kopi,” jelasnya.

Baca Juga: HUT ke-22 Flobamora Kalsel Gelar Berbagai Turnamen Olahraga

Sementara itu, Kepala Disperdagin Banjarmasin Ichrom Muftezar menyampaikan, pelatihan prosedur ekspor tersebut berjumlah 30 peserta yang ada di Kota Banjarmasin.

“Alhamdulillah 2 diantara 30 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sudah melakukan ekspor, diantaranya adalah biola yang sudah ke mana-mana ke negara-negara yang lain juga, begitu juga dengan kopi,” terangnya.

Ia berharap, agar peserta lainnya dapat menjadi IKM yang bisa melakukan ekspor, “Mudah mudahan nanti untuk ekspor produk produk unggulan di Kota Banjarmasin bisa lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Penulis : Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment