25 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol/Akabri 96 Polda Kalsel Gelar Pelatihan Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto didampingi para alumni Akpol 96 Polda Kalsel meninjau produk produk dari UMKM (foto iman satria)

Banjarmasin, BARITO – Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kalsel berkumpul di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mako Polda Kalsel, Jalan S Parman, Kota Banjarmasin, Kamis (16/9/2021).

Dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 mereka hadir untuk mengikuti pelatihan pengembangan dan pemasaran digital yang digelar oleh Polda Kalsel.

Pelatihan ini diinisiasi oleh para Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996 berjuluk Bharatasena yang di Tahun 2021 ini memperingati 25 tahun pengabdiannya kepada negara dan masyarakat.

Pelatihan dihadiri Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono serta para Pejabat Utama Polda Kalsel, dua narasumber dari perusahaan e-commerce dan layanan digital terkemuka yaitu Tokopedia dan Gojek dihadirkan.

Para pelaku UMKM baik yang hadir secara langsung maupun secara daring nampak antusias mendapatkan tambahan pengetahuan dan strategi baru dalam mengembangkan serta memasarkan produknya secara digital.

Ketua pelaksana kegiatan yaitu Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman mengatakan, pelatihan bagi UMKM sengaja dipilih sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Caranya yaitu dengan mengakselerasi transformasi digital UMKM.

“Hari ini difasilitasi didhadirkan dua narasumber dari Gojek dan Tokopedia. Pada hari kedua nanti ada dari Shopee dan ke depan, rencananya dari Bukalapak juga dihadirkan,” kata Kombes Pol Hendri.

Kepada para pelaku UMKM Ia berpesan, setiap e-commerce juga memiliki strategi masing-masing dalam persaingannya merebut loyalitas konsumen dalam dunia perdagangan berbasis daring di Indonesia.

Karena itu kata dia, para pelaku UMKM juga harus cermat dan mengerti strategi-strategi itu sehingga dapat menyesuaikan platform e-commerce mana yang paling cocok agar dapat efektif memasarkan produk.

Selain Kombes Pol Hendri, empat Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996 yang juga saat ini bertugas di Polda Kalsel yaitu Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Tri Wahyudi, Kabid Keuangan, Kombes Pol Hermawan, Kasubdit IV Ditreskrimum, AKBP Afebrianto Widhi Nugroho serta Kabag Wassidik Ditresnarkoba, AKBP Sigit Kumoro juga tentunya hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan pelatihan dan pengembangan UMKM ini mendapat apresiasi dari Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto.

“Ini creative breakthrough bagi usaha kecil menengah. Pelatihan ini adalah pemicu yang perlu dicontoh,” kata Kapolda.

Pasalnya sambung Irjen Pol Rikwanto, Polri termasuk Polda Kalsel juga secara langsung terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang digaungkan pemerintah dan juga menjadi kebijakan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Kalsel bersama Wakapolda Kalsel dan jajaran pejabat utama Polda Kalsel sempat pula memantau stan yang memamerkan produk-produk pelaku UMKM peserta pelatihan tersebut.

Selain pelatihan dengan sasaran para pelaku UMKM, vaksinasi Covid-19 dan bhakti sosial juga menjadi rangkaian peringatan 25 Tahun pengabdian Alumni Akabri Angkatan Tahun 1996 ini.

Penulis/Editor Mercurius

Related posts

Korban Tenggelam Terjun ke Sungai dari Jembatan Basirih Ditemukan

Operasi Rutin Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 500 Ton Batu Bara Ilegal

15 Laptop di SDN Basirih 5 Banjarmasin Raib Digasak Maling