177 Jumlah Akses Masyarakat ke Ombudsman RI

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan laksanakan ngobrol santai
dan buka puasa bersama dengan Media Partner dan Dangsanak Ombudsman, Jumat (16/4/2021).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka ekspos
laporan triwulan I 2021 Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan,
di Aula Kantor Ombudsman Kalsel.

Ekspos laporan triwulan 2021 disampaikan langsung Hadi Rahman Kepala Perwakilan
Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ekspos laporan ini sebagai transparansi dan
akuntabilitas Ombudsman Kalsel kepada masyarakat untuk wujudkan good governance,” papar Hadi Rahman saat menyampaikan capaian kinerja Ombudsman Kalsel.

Ia menyebutkan, ada 177
jumlah akses masyarakat ke Ombudsman RI Perwakilan pada triwulan 1 Januari sd Maret 2021. “Dari
177 akses masyarakat 29 laporan masyarakat, 4 laporan inisiatif, 119 konsultasi non laporan, dan 25
tembusan,” jelasnya.

Dari 33 laporan pada triwulan I ini, tambahnya, 16 laporan telah selesai dan 17 laporan masih dalam proses
pemeriksaan. “Tidak memberikan pelayanan, penundaan berlarut, penyimpangan prosedur dan
permintaan imbalan uang / jasa, merupakan jenis maladministrasi terbanyak yang masuk ke
Ombudsman, dengan tiga substansi laporan terbanyak dikeluhkan yaitu Jaminan Sosial, Pertanahan
dan Air Minum,” ujarnya.

Klasifikasi instansi Terlapor mulai Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN/BUMD, Pemerintah Provinsi.
Kantor Pertanahan, Kementerian instansi vertikal dan Kepolisian.
Pada triwulan I, untuk meningkatkan akses masyarakat, Ombudsman Kalsel laksanakan program
Live Facebook Konsultasi Pelayanan Publik, Live Radio di RRI Banjarmasin Menjaring konsultasi dan
Pengaduan Masyarakat. PVL On The Spot Pembukaan gerai Konsultasi dan Laporan di Kantor
Kecamatan Banjarmasin Utara, dan Program Peningkatan Akses Pelayanan Publik di Kabupaten
Tanah Laut.

Selain menerima laporan masyarakat, Ombudsman Kalsel juga melaksanakan fungsi pencegahan
maladministrasi, dengan melaksanakan mapping isu pelayanan publik perihal bencana banjir dan
kelangkaan gas LPG 3 kg serta melakukan pemetaan awal kajian Vaksinasi Covid-19 dan
Pelayanan PDAM.

Dalam rangka penguatan kelembagaan, Omudsman Kalsel melaksanakan program Ombudsman
Baelang, berkunjung ke 33 instansi penyelenggara pelayanan publik, kepala daerah, aparat penegak
hukum dan instansi vertikal di Kalimantan Selatan.

“Kunjungan tersebut juga sebagai penguatan
kerjasama kelembagaan dan pembentukan focal point untuk percepatan penyelesaian laporan
masyarakat,” ucapnya.

Pada kegiatan ngobrol santai dan buka puasa bersama, Ombudsman Kalsel juga memberikan
apresiasi kepada tiga media dengan konten berita terbanyak yang dimuat di website Ombudsman RI
(Kabar Perwakilan), yaitu Banjarmasin Post, Kalsel Pos dan Radar Banjarmasin.

Penulis: Afdi

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment