Dua Tim Ridho Ilahi Tercepat, Lomba Dayung Tradisional Piala Paman Birin di Tabunganen 2024

Penyerahan Piala Paman Birin kepada pemenang Lomba Dayung Tradisional yang digelar Dispora Kalsel, Minggu (28/4/2024) di Desa Pemurus, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala. (foto: Tolah/brt)

Marabahan, BARITOPOST.CO.ID – Dua tim Ridho Ilahi menjadi yang tercepat Lomba Dayung Tradisional yang digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kalsel. Keberhasilan tersebut setelah menjuarai kategori dewasa dan kelompok anak, Minggu (28/4/2024) di Desa Pemurus, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala.

Lomba dayung tradisional yang memperebutkan Piala Paman Birin ini, diikuti puluhan peserta. Ada delapan kontestan yang mendapat hadiah uang pembinaan dan tropy Paman Birin.

Adapun para juara tersebut, Ridho Ilahi, Blek Mambai, Naga Runting, Mahkota, Bulan Biru KB, Blek Mamba 2, Naga Puspa, dan Naga Biru untuk kategori anak- anak. Sementara kategori dewasa adalah, Ridho Ilahi, Badingsanakan, NJ 2, Ababil 1, Kunang Kunang 2, Al Zahra 2, dan Putra Jaya 1.

Lomba dayung tradisional yang diselenggarakan Dispora Kalsel ini, tidak lain untuk melestarikan budaya olahraga jukung dan menjaring bibit atlet berbakat.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari beberapa kegiatan lainnya yang juga dilaksanakan di beberapa wilayah di Kalsel,” sebut Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono.

Melalui kegiata ini, lanjutnya, untuk terus meningkatkan dan membudayakan masyarakat, serta mencintai olahraga jukung.

“Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan bibit-bibit atlet yang nantinya bisa mengikuti perlombaan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Apalagi di Tabunganen ini ada atlet dayung nasional yang memperkuat Indonesia,” harapnya yang didampingi Kepala Seksi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus Dispora Kalsel, Rijal Hamid.

Ia mengatakan, kegiatan seperti ini juga dapat menggerakan perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya juga melihat, banyak warga sekitar menggelar dagangan yang di dibeli para penonton lomba jukung,” ujarnya.

Ia pun bertekad untuk terus mengembangkan olahraga jukung tradisional ini melalui berbagai event, sehingga memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Kami jajaran Dispora Kalsel akan terus mengembangkan olahraga tradisional jukung ini dan akan kita adakan di daerah lain nantinya,” katanya.

Penulis: Tolah

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Zainal Hakim Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Asosiasi Futsal Banjarmasin 2024

Gubernur Kalsel Buka Popda 2024 di HSS Dengan Lapan Cabor

Gubernur Jebol Gawang Bank Kalsel, Sepakbola Paman Birin Tropy VII 2024