AFP Kalsel Gelar Liga Nusantara, Sebanyak 10 Tim Ambil Bagian

Salah satu partai Liga Nusantara VII yang digelar AFP Kalsel, Minggu (28/4/2024) di Borneo Indoor Futsal Banjarmasin. (foto: ist/brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalsel mulai menggelar
Liga Nusantara VII pada 28 April hingga 5 Mei 2024 di Borneo Indoor Futsal Banjarmasin. Secara keseluruhan diikuti 10 tim putera dan 4 tim puteri se Kalsel.

Tim putera yang ikut yakni Heluvi Banjarmasin, Belain FC Banjarmasin, Binuang Muda Tapin, Senyum FC Banjarmasin, Dzamal FC Banjarmain, Patimura FC Banjarbaru, Munthe FC Kotabaru, PT. BMB FC Banjar, Borneo Samudra Jaya (BSJ) FC Tanbu dan Dua Sembilan FC asal HSU.

Adapun dari tim puteri yaitu Binuang Junior FC Tapin, Murakata Futsal Family (MFF) HST, Bumi Banjar Indonesia (Buba Lution) Banjar dan Star One Banjarmasin.

Exco AFP Kalsel, Yuyu Rahmat Mulyana mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan industri futsal sebagai sebuah olahraga yang bermanfaat baik secara ekonomis maupun perkembangan generasi muda.

Ia menilai dari beberapa laga yang dimainkan tadi, bibit-bibit muda futsal Kalsel banyak potensi mempuni dan kelas mainnya lumayan bisa bersaing dengan daerah lain.

Apalagi, lanjut Yuyu, kemajuan olahraga futsal di Kalsel akan terlihat dengan pembinaan yang terus berjalan dan kompetisi tidak hanya digelar dari AFP Kalsel namun diselenggarakan oleh asosiasi lainnya.

Dengan pembinaan yang terus berlanjut dan kompetisi yang diselenggarakan oleh berbagai asosiasi akan membantu meningkatkan perkembangan futsal di Kalsel secara keseluruhan.

“Semakin banyak kompetisi yang tersedia, semakin banyak kesempatan bagi para pemain untuk berkembang dan bersaing secara kompetitif,” terangnya.

Baca Juga: Dua Tim Ridho Ilahi Tercepat, Lomba Dayung Tradisional Piala Paman Birin di Tabunganen 2024

Liga Futsal Nusantara (Nusantara Futsal League) merupakan kompetisi futsal kasta kedua Indonesia yang diselenggarakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Sebagai liga futsal kasta kedua, seluruh klub futsal Indonesia berhak berpartisipasi pada kejuaraan ini. Masing-masing klub akan berpartisipasi pada kompetisi yang berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga pada babak nasional.

Satu klub futsal yang menjadi pemenang di
masing-masing provinsi kemudian akan menjalani kompetisi grup di babak grup nasional, dengan keseluruhan 34 peserta terbagi ke dalam empat grup, masing-masing berisi delapan hingga sembilan peserta.

Dua klub putra terbaik dan satu klub putri terbaik dari masing-masing grup kemudian akan bertanding di putaran final.

Pada kategori pria setiap klub yang menjadi pemenang pada babak perempat final lolos sebagai peserta Liga Futsal Profesional Indonesia pada musim berikutnya.

Sedangkan kategori wanita, klub pemenang pada babak semifinal lolos sebagai peserta Liga Futsal Profesional Wanita Indonesia pada musim berikutnya.

Penulis: Tolah

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Zainal Hakim Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Asosiasi Futsal Banjarmasin 2024

Gubernur Kalsel Buka Popda 2024 di HSS Dengan Lapan Cabor

Gubernur Jebol Gawang Bank Kalsel, Sepakbola Paman Birin Tropy VII 2024