Bawaslu HSU Luluskan 19 Panwascam ‘Petahana’

Pelaksanaan Evaluasi Panwascam Existing di SMKN 1 Amuntai

Amuntai, BARITOPOST.CO.ID Kesiapan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terlihat dengan diluluskannya jajaran pengawas ad hoc di tingkat kecamatan.

Alhasil, sebanyak 19 pengawas dari 10 kecamatan yang berasal dari pemilu, Kamis (2/5/2024) dinyatakan memenuhi syarat alias lulus evaluasi. “Ada 19 yang memenuhi syarat evaluasi dan dinyatakan lulus,” kata ketua Bawaslu HSU, Marfa’i, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga: Penandatanganan Hibah Hampir Rp 1 Miliar dari TP PKK untuk BUMDesa di Kalsel

Dijelaskannya, perekrutan dengan istilah existing ini memberikan kesempatan bagi panwacam terdahulu (petahana) untuk ikut mendaftarkan kembali pada pilkada serentak tahun 2024 ini sebagai pengawas kecamatan.

Menurutnya, dari 28 petahana dan seluruhnya mendaftar. Namun ada satu orang yang tidak hadir pada test online yang digelar pada hari Sabtu tanggal 27 April di SMKN 1 Amuntai. “27 peserta yang memenuhi syarat administrasi ini menjawab dua jenis tes, yakni portofolio dan penilaian atasan langsung secara online, ada satu orang yang tidak hadir dan otomatis gugur,” terangnya.

Baca Juga: Penandatanganan Hibah Hampir Rp 1 Miliar dari TP PKK untuk BUMDesa di Kalsel

Mengingat kebutuhan pengawas 30 orang, maka 11 orang pengawas akan diisi melalui jalur rekrutmen baru. Proses rekrutmen ini dilakukan secara terbuka dengan mengacu pada pedoman tekhnis yang diterbitkan Bawaslu RI. “Silahkan bagi yang berminat untuk mengakases media kami, hari ini kami umumkan. Pilih kecamatan yang dibuka rekrutmen baru,” ujarnya.

Sebelumnya, ada dua anggota panwascam yang memilih mengundurkan diri, karena telah lulus sebagai PPPK. Kedua orang pengawas ini berasal dari kecamatan Amuntai Selatan dan Sungai Tabukan. “Ini sudah pasti dilakukan rekrutmen baru. Ditambah lagi satu orang tidak ikut evaluasi, berarti ada tiga orang. Kemudian karena ada delapan orang yang tidak lulus evaluasi, berarti jumlah keseluruhannya ada 11 orang rekrutmen bari,” sambungnya.

Baca Juga: Penandatanganan Hibah Hampir Rp 1 Miliar dari TP PKK untuk BUMDesa di Kalsel

Terkait jumlah panwascam yang lulus sebanyak 19 orang ini, pihaknya juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan. Akan tetapi tanggapan ini harus disampaikan secara resmi dengan dilengkapi data diri.
“Bisa tertulis dan langsung disampaikan ke kantor maupun melalui alamat email yang ditentukan. Tenggat waktunya sampai tanggal 17 Mei nanti,” tegasnya. (*)

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Supian HK Dorong TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah Untuk Membangun Desa Berkesinambungan

Enam Pejabat Tinggi Pratama Bakal Dilantik Malam ini

Anggota Dewan Ingatkan Masyarakat Pentingnya Peran Pancasila Dikehidupan Sehari-hari