Warga dan Aparat Bersinergi Amankan Natal

Ketua Majelis Jemaat GPIB Effatha Guntung Payung Pendeta Samrut Peloa (tengah) ketika melakukan persiapan ibadah Natal, Sabtu (24/12/2022).(foto : tya/brt)

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.ID – Keamanan untuk Ibadah Malam Natal dan Hari Natal  di Kota Banjarbaru akan didukung sepenuhnya oleh warga, pihak gereja dan aparat gabungan.

Di Gereja Protestan Indonesia dibagian Barat (GPIB) Effatha Guntung Payung, persiapan untuk kelancaran ibadah dan perayaan Natal Tahun 2022 sudah terlihat sejak beberapa hari lalu.

Ketua Majelis Jemaat GPIB Effatha Guntung Payung, Pendeta Samrut Peloa mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas keamanan untuk menjaga suasana kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru dan pihaknya juga melakukan pemeriksaan barang bawaan jemaat sebelum pelaksanaan ibadah.

“Selaku pimpinan jemaat sudah melakukan persiapan menyambut Kelahiran Yesus Kristus. Ibadah Malam Natal dilaksanakan pukul 18.30 Wita. Kehadiran kami sebagai bagian dari masyarakat dan bermitra dengan pemerintah dan aparat, maka kami telah berkoordinasi dengan Polres Banjarbaru dan Brimob Polda Kalsel,” ujar Pendeta Samrut Peloa di GPIB Effatha Guntung Payung, Sabtu (24/12/2022) pagi.

BACA JUGA: Jelang Perayaan Natal, Polresta Banjarmasin Sterilisasi Gereja

Pihaknya juga telah menyampaikan jadwal kegiatan dibantu dengan kehadiran aparat yang mengecek kesiapannya di sekitar gereja.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami melakukan pemeriksaan terhadap semua barang yang dibawa jemaat agar kamtibmas tetap terjaga,” ungkapnya.

Ibadah Malam Natal dilaksanakan selama dua jam. Kemudian pada 25 Desember besok, ibadah dimulai pukul 08.00 Wita dan Senin (26/12/2022) dimulai pukul 09.00 Wita.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kota Banjarbaru Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dody Herza Kusumah melalui Kepala Seksi Humas, AKP Tajudin Noor mengatakan, sebelum melakukan pengamanan Natal, digelar apel yang dimulai pukul 16.00 Wita di Polres Banjarbaru pada Sabtu (24/12/2022).

BACA JUGA: Pengacara dari Kalsel Rilis Lagu Rohani Di Malam Natal

“Malam ini dan besok petugas pengamanan atau PAM melaksanakan tugasnya di semua gereja dan berpatroli dengan aparat TNI, Dishub dan Satpol PP,” jelasnya.

Untuk pengamanan ibadah Natal pada 25 Desember 2022, aparat telah siap sejak pukul 07.00 Wita.

Dalam hal ini, Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Herza Kusumah telah menerbitkan Surat Perintah Nomor Sprin/1356/XII/PAM.3.3./2022 tanggal 22 Desember 2022 telah menunjuk 102 personel untuk pengamanan gereja.

Lebih lanjut AKP Tajudin Noor mengatakan, di Kota Banjarbaru terdapat sekitar 60 gereja. Selain di gereja, ibadah Natal juga dilaksanakan di rumah.

Penulis : Cynthia
Editor    : Sophan Sopiandi

Related posts

Jadwal Tes dan Formasi CPNS dan P3K Masih Menunggu Kabar Kemenpan RB 

Arifin Noor Siap Maju Balon Wali Kota, Jargonnya ‘Banjarmasin Hijau Baiman’

Dihempas Gelombang Speed Boat Tiga Penumpang Klotok Terjatuh ke Sungai, Satu Orang Tenggelam

2 comments

Pasang Atap di Sekretariat Baru, Pengurus Orlok Banjar Selamatan Tanda Dimulainya Pencarian Donasi - Barito Post Minggu, 25 Desember 2022, 22:00 - 22:00
[…] BACA JUGA: Warga dan Aparat Bersinergi Amankan Natal […]
PROSES PEMBANGUNAN SEKRETARIAT ORLOK BANJAR | Orari Lokal Banjar Rabu, 28 Desember 2022, 13:03 - 13:03
[…] serta jajaran pengurus lainnya menjadi harmonis sambil menambah tali silaturahmi.BACA JUGA: Warga dan Aparat Bersinergi Amankan NatalDidampingi Sekretaris Orlok Banjar, Yudy (YC7HRQ), Arsyad mengatakan, pembangunan sekretariat ini […]
Add Comment