Wakil Rakyat Sepakat dan Dukung Sultan Suriansyah Diberi Gelar Pahlawan Nasional

by admin
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Ketua Komisi IV membidangi kesejahteraan masyarakat (kesra), HM Lutfi Saifuddin sangat mendukung keinginan dan harapan masyarakat, agar Sultan Suriansyah dapat dianugerahi Pahlawan Nasional oleh pemerintah pusat.

Harapan masyarakat yang menginginkan sultan pertama di Kesultanan Banjar itu dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, mereka sampaikan di acara kegiatan reses yang dilaksanakan oleh politisi Gerindra tersebut.

Lutfi Saifuddin mengungkapkan saat dirinya berkunjung ke Komplek Makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, belum lama tadi, ternyata banyak aspirasi dari masyarakat yang berharap Sultan Suriansyah dapat menjadi Pahlawan Nasional.

“Saya bersyukur, Alhamdullilah berkesempatan mengunjungi makam Sultan Suriansyah, karena sebentar lagi akan ada aruh ganal, yakni haul beliau ke-469 tahun pada 16 Oktober mendatang,” tuturnya.

Menurut Lutfi, usulan agar Sultan Suriansyah diberi gelar Pahlawan Nasional, itu sangat masuk akal, mengingat panjangnya sejarah dan semangat perjuangannya yang lestari hingga saat ini.

“Tentunya ini harus melewati kajian dan tahapan lainnya, sebelum dapat mengusulkan nama Sultan Suriansyah sebagai Pahlawan Nasional, semoga hal ini dapat terwujud dan diharapkan juga dapat mengangkat kembali marwah Kesultanan Banjar,” bebernya.

Sementara itu, Pengelola Komplek Makam Sultan Suriansyah, Alariansyah menyambut baik kunjungan anggota legislatif, yang berbarengan dengan persiapan jelang haul Sultan Suriansyah ke-469 tahun.

“Kami selaku pengelola disini berharap pada tokoh Banjar untuk sama-sama melaksanakan Maulid Rasulullah SAW, sekaligus haul Sultan Suriansyah dan kepada rekan-rekan maupun pemerintah, kami persilakan untuk datang ke sini,” imbaunya.

Senada Ketua Pengelola Komplek Makam Sultan Suriansyah, H Budi Santoso Humaidi turut mengimbau kepada seluruh warga khususnya yang ada di Banjarmasin untuk dapat ikutserta memeriahkan aruh ganal ini untuk mengharapkan keberkahan.

Rilis    : Humas DPRD Kalsel
Editor : Sophan Sopiandi

You may also like

Leave a Comment