Ultah RAPI Sungai Pinang Berlangsung Meriah

Banjarmasin, BARITO – Perayaan ulang tahun ke -3 Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar berlangsung meriah, meskipun tetap menerapkan protocol kesehatan, namun tidak mengurani kemeriahan acara tersebut.

Menurut Pembakal Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Gusti Syamsudinoor atau yang akrab disapa Pembakal Udin, perayaan ultah ke 3 RAPI tersebut, sebaagi bentuk rasa syukur pihaknya bersama warga, apalagi menurutnya di desa tersebut, tidak dapat terjangkau jaringan selular.

“Alhamudulillah pada hari ini kita melaksanakan ultah ke -3 RAPI Kecamatan Sungai Pinang, lantaran di daerah sini tidak terjangkau jaringan selular, tentunya keberadaan RAPI , akan sangat membantu masyarakat dalam memberikan informasi dan berkomunikasi, baik antar desa hingga ke luar daerah,” katanya.

Dikatakannya, keberadaan desanya yang jauh dari perkotaan, menyebabkan daearah ini sulit terjangkau jaringan selular, sehingga dengan terbentuknya RAPI , bisa menjadi sarana penghubung komunikasi masyarakat.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh anggota RAPI Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut hingga Tapin.

Dengan melakuka pemotongan nasi tumpeng oleh pembakal Desa Hakim Makmun, menandani dimulainya perayaan ultah RAPI yang berlangsugn secara sederhana.

Dirinya berharap dalam seiring bertambahnya usia RAPI, anggotanya bisa tetap membantu masyarakat dalam berkomunikasi apalagi pembakal Syamsudin telah membantu memfasilitasi warganya dengan pengadaan alat radio komunikasi sebanyak 139 buah.

Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun arjuna ini juga dihibur oleh orkes dangdut, dengan mendatangkan penyanyi dari DKI Jakarta, hingga artis local, serta dimeriahkan dengan tarian tradisional khas daerah, berupa tari japing dari Tapin.

Peserta dan masyarakat yang datang pun merasa terhibur dan berharap agar kegiatan ini bisa terus berlanjut.

Kegiatan tersebut juga sekaligus pemotongan pita tanda telah dibukanya obyek wisata aluh-alun arjuna oleh Pembakal dan ketua RAPI .

Menurut Pembakal Udin, aluh-alun Arjuna menawarkan pariwisata alam, dan bisa dikunjungi masyarakat.

Dia berharap alun-alun ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan memfasilitasi masyarakat sekitar khususnya UMKM agar bisa berjualan di alun-alun tersebut.

Penulis: Fanie

Related posts

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Cegah Radikalisme, BNPT Gelar Smart Indonesia Bersatu Bangsaku