oleh

Tiga Armada Truk Dari Kementan RI Merapat Ke GOR

Pelaihari,BARITO – Bantuan logistik bagi korban banjir di Kabupaten Tanah Laut kian berdatangan dari berbagai pihak. Sabtu, (23/1) sekitar pukul 12.00 wita, 3 buah truk merapat ke Posko Induk Banjir Tanah Laut di GOR Berseri. Ketiga truk tersebut berisikan logistik untuk korban banjir di Tanah Laut dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distanhol) provinsi Kalsel. Tercatat, ada 13 item bantuan dari Kementan tersebut.

GOR Berseri dijadikan posko induk mengingat ruangan gedungnya sangat luas, al hasil pemandangan di dalam GOR Berseri bagaikan gudang aneka sembako dan lainnya.

Proses pembongkaran pada ketiga perut bak truk itu disaksikan wakil bupati Tala Abdi Rahman, Kalak BPBD Tala M.Kusri serta asisten 2 Akhmad Kharin serta pejabat dari Distanhol provinsi Kalsel.

“Pemkab Tala berterima kasih atas bantuan, dan memang saat ini masih dibutuhkan bantuan walau air sudah mulaui surut, namun pasca banjir tetap berupaya agar korban jangan sampai tidak makan, karena mereka belum bisa melakukan apa-apa seperti memnuhi kebutuhan hidup, dan masih diperlukan proses pemulihan,”kata Wabup Tala.

Ia menambahkan, yang menjadi perhatian pada pasca banjir adalah terhadap tanaman padi warga yang belum lama ditanam akan tetapi rusak oleh banjir.

“Barangkali nanti bisa disampaikan ke Menteri Pertanian RI agar rakyat di Tanah Laut utamanya petani yang mengalami kerusakan padi agar bisa dibantu bibit, sebab sebelum puncaknya banjir kemarin benih padi yang seyogianya dijadikan bibit, maka bakal bibit pun terpaksa untuk dimakan. Segera meminta BPBD Tala untuk mendistribusikan logitik kekorban banjir seperti di Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur yang masih belum surut betul dan kecamatan lainnya ”jelas Wabup Tala.

Sementara itu, Kusmaryono kabid penyuluhan pada Distanhol provinsi Kalsel menyebutkan, saat ini diminta untuk didata terlebih dahulu.
“Memang sebagian data sudah masuk, dan pastinya disampaikan atau diusilkan ke Kementerian Pertanian pasca banjir yang merusak tanaman padi warga,”ucapnya.
Penyerahan bantuan logistik ini pun dihadiri Dr.M.Amin Spi,Msi kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kalsel.

Penulis" Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed