Tiba di Banjarmasin, Tim Putih Expedisi Maritim 2023 Bertolak ke Monumen Perjuangan Divisi IV ALRI di Kabupaten HSS, Berlanjut ke IKN Kaltim

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Bertujuan untuk mengungkap sejarah kejayaan maritim nusantara, Tim Putih Expedisi Maritim 2023 tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis (7/9/2023). Setelah menempuh rute Pontianak, Ketapang, Singkawang, Kumai.

Sementara Tim Merah Expedisi Maritim 2023 menempuh rute Tarakan, Tanjung Selor, Berau, Sangatta dan Balikpapan. Kedua tim ini rencananya bertemu di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 10 September 2023 bertepatan Hari Ulang Tahun TNI -AL ke-78.

Kedatangan Tim Putih menggunakan KRI Layang – 635 dengan membawa bendera Panji Expedisi Maritim 2023 disambut langsung oleh Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan bersama jajaran Forkopimda Banjarmasin.

“Expedisi Maritim 2023 bertujuan untuk menggali potensi maritim di daerah, dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla), sehingga kehadiran TNI Angkatan Laut dapat dirasakan ditengah-tengah Masyarakat,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga: Sekdako Beri Bonus Kepada Kafilah MTQ Banjarmasin Yang Berprestasi

Selanjutnya, dikatakan Danlanal, Expedisi Maritim 2023 dari Banjarmasin akan menempuh rute darat, menuju makam Pahlawan H Hasan Basry dan ke monumen perjuangan Divisi IV ALRI di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Expedisi Maritim 2023 ke Banjarmasin karena disini ada sejarah perjuangan Divisi IV ALRI di Kandangan, basis gerilyanya Pahlawan Hasan Basry,” katanya.

Kabid Mobility IKatan Motor Indonesia, wilayah Kalsel H Arif menyampaikan dukungan penuh pecinta otomotif di Kalsel dengan adanya Expedisi Maritim 2023,
“Kita tentu sngat mendukung kegiatan TNI AL ini, akan kita kawal bendera panji ini sampai tujuan akhir di Kalsel,” tutupnya.

Penulis: Iman Satria

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Perumda PALD Banjarmasin Belajar PAL Dari Tim Malaysia

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif