Tekad Kadin Kalsel Jadikan Usaha Mikro dan Kecil Naik ‘Kelas’

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Kontribusi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Selatan sejalan dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) Bumi Lambung Mangkurat.

Hal itu ditandai dengan tekad Kadin Kalsel untuk menjadikan usaha mikro dan usaha kecil naik ‘kelas’. Mengingat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bervariatif dan banyak mendukung perekonomian daerah.

BACA JUGA: Paman Birin dan Arsjad Rasjid Buka Musprov VII Kadin Kalsel

Seperti usaha mikro naik kelas menjadi usaha kecil, dan usaha kecil naik kelas pula menjadi usaha menengah. “Sesuai amanah Rapimnas Kadin dan arahan Presiden Jokowi, Kadin harus dapat menaikkan kelas usaha mikro dan usaha kecil,” ujar Ketua Umum Kadin Provinsi Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi, dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

BACA JUGA: Dibawah Kepemimpinan Shinta Laksmi Dewi, Kadin Dorong Pemulihan Ekonomi Kalsel

Ketua Umum Kadin Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi didampingi Ketua Kadin Tala Hj Orbawati di kantor Kadin Kalsel Jl Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin (foto:baritopost)

Menurutnya, kini Kadin bertumpu kepada kemandirian dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memajukan perekonomian daerah. “Ya, caranya mengembang produk, konsultasi perijinan, desain produk, dan lainnya. Ini kontribusi Kadin bagi UMKM,” papar alumni sarjana ekonomi ini.

Ketua Ikaatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalsel ini, juga berharap  UMKM di daerah aktif dalam pengembangan produknya, sebab terkadang UMKM merasa cukup dengan hasil yang mereka peroleh. “UMKM harus lebih berkembang lagi, dan UMKM harus pula memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Kadin, khususnya peningkatan dan pengembangan produknya,” imbuhnya.

Editor : Afdiannoor Rahmanata

BACA JUGA: Unggul 37 Suara, Shinta Laksmi Dewi Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin Kalsel

Related posts

Apersi Kalsel Dikukuhkan, Wujudkan 10.000 Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Gelar Musda II dan Pelantikan IVENDO Kalsel, Pemprov: Kembangkan Pariwisata di Banua

Dukung Digital Display untuk Kebutuhan Bisnis dan Dunia Pendidikan, LG Raih TKDN