Tanamkan Rasa Kepedulian Sejak Dini, PAUD Terpadu Pembina Bantim Lakukan Jumat Berbagi

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Untuk menanamkan rasa kepedulian sejak dini kepada para peserta didiknya, PAUD Terpadu Negeri Pembina Kecamatan Banjarmasin Timur melakukan kegiatan Jumat berbagi kepada warga miskin.

Tak hanya berbagi, kegiatan juga diisi dengan ceramah agama oleh Guru Muhammad Jumbri.

Suasana yang sempat diwarnai hujan lebat, namun tak mengurangi keiinginan anak-anak yang didampingi orang tua untuk hadir.

“Alhamdulillah kendati hujan, namun anak-anak dan orang tua tetap semangat dalam kegiatan Jumat berbagi ini,” ujar Kepala Sekolah PAUD Terpadu Negeri Pembina Kecamatan Banjarmasin Timur Hj Bastiah Spd Mpd disela kegiatan, Jumat (9/9).

Melalui kegiatan ini lanjut Bastiah, para peserta didik diajak untuk bersedekah dengan menyisihkan sebagian uang jajannya untuk dikumpulkan. Kemudian uang yang telah dikumpulkan tersebut dibelanjakan sembako untuk dibagikan pada kaum miskin disekitar sekolah.

 

Para pendidik saat foto bersama dengan Guru Muhammad Jumbri.Kegiatan ini menurut Bastiah yang juga pernah menjadi guru TK Sabilal Muhtadin selama 23 tahun ini, tidak lepas dari kerjasama dengan orang tua murid dan komite sekolah.

“Alhamdulillah respon para orang tua terhadap aksi sosial Jumat berbagi cukup besar. Terbukti dalam dua minggu kita sudah bisa mengumpulkan dana yang lumayan ” timpal salah seorang guru Zaituniah.

Baik Bastiah maupun Zaituniah berharap melalui kegiatan tersebut rasa empati dan kepedulian para peserta didiknya semakin terlatih. Dirinya juga berkomitmen untuk menjadikan kegiatan tersebut program rutin.

Sementara Guru Muhammad Jumbri dalam ceramahnya kepada anak-anak juga mengingatkan akan pentingnya sedekah.

“Sedekah merupakan sifat atau kebiasaan baik yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW dan patut kita tiru,” ujarnya.

Dengan sedekah akan menghapus dosa-dosa, baik kecil dan besar. Sedekah juga dapat memadamkan murka Allah SWT

Untuk bersedekah ujar Guru Jumbri anak-anak tidak perlu khawatir besar kecilnya jumlah sedekah yang kita berikan, yang terpenting adalah niat kita dalam mencari ridho Allah swt.
“Jangan nunggu kaya baru mau sedekah. Berapapun yang kita punya besar kecil tidak masalah, yang penting ikhlas,” ujarnya.

Sedangkan Kabid PAUD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Edy Zunaidi,Spd Mpd yang hadir pada kegiatan, mengatakan sangat merespon kegiatan ini. “Ini contoh yang sangat baik dalam hal mendidik anak untuk memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi,” kata Edi

Salah satu penerima sembako Nurdiansyah penarik beca yang biasa mengkal di lingkungan PAUD mengaju merasa senang. Dan mendoakan anak-anak PUAD Terpadu Negeri Pembina Kecamatan Banjarmasin Timur menjadi anak soleh dan sholeh. “Dan apa yang mereka berikan semoga berkah buat saya sekeluarga” ucapnya nampak kelihatan terharu.

Penulis: Filarianti

You may also like

Leave a Comment