oleh

Tak Lama Lagi Siapa Yang Akan Duduki Kursi Kadis

Pelaihari,BARITO – Dalam waktu tidak lama lagi atau mungkin diperkirakan dalam bulan ini, jabatan eselon 2 atau kepada dinas yang kosong yakni pada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) sementara waktu dipegang Ahmad Khairin sebagai Plt Kadistnholbun dan juga Asieten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan serta Sat Pol PP dan Damkar sementara dijabat Plt Kasatpol PP Farid dan juga sekretaris pada Sat Pol PP dan Damkar. Para pejabat eselon 2 tersebut atau dalam istilah sekarang disebut Pejabat Tinggi Pratama akan segera terisi.

Proses lelang jabatan tersebut telah selesai dan pihak Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pun telah menerbitkan rekomendasi nomor B-8/KASN/1/2021 tertanggal 4 Januari 2021, perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama dilingkup Pemkab Tanah Laut. Rekomendasi KASN itu guna dilakukannya pelantikan kepada bupati Tala HM.Sukamta melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Tala.

Kepala BKPSDM Tala H.Hairul Rijal Senin, (15/3) dikantornya mengatakan, proses lelang jabatan itu sudah selesai tinggal menunggu kapan waktunya bupati Tala melakukan pelantikan, sedangkan menyangkut mutasi penata usahaan sebagai salah satu pesyaratannya harus mengikuti proses assessment selama 2 hari dan uji kompetensi.

“Yang dibuka tahap awal kemarin adalah lelang untuk jabatan kepala Distanholbun serta Sat Pol PP dan Damkar, rekomendasi persetujuan KASN pun telah terbit,”jelas Rijal.

Ia menambahkan, ada 3 nama yang diusulkan dari bupati Tala ke KASN pada 1 dinas, namun karena ada 2 dinas yang kosong maka nama yang diusulkan jadi 6 orang, soal siapa orangnya itu merupakan hak prerogatif bupati. Dari 6 nama pada 2 dinas, jelas akan tereliminasi 4 nama, selanjutnya sisa 2 orang pada masing-masing dinas diambil lagi 1 nama dan juga hak prerogatif bupati yang menentukan orangnya menduduki jabatan.

Kenapa ada uji kompetensi, menurut Rijal hal itu sebagai bahan bagi bupati untuk melakukan mutasi.

Proses lelang jabatan waktunya selama 2 bulan. Saat ini pembukaan lelang baru pada Distanholbun, Sat Pol PP dan Damkar, akan tetapi untuk jabatan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), kantor Inspektorat serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan menyusul. Sementara pada bulan Mei mendatang juga akan masuk masa pensiunnya Riadi selaku staf ahli bidang hukum dan politik di Setda Tala.

Bupati Tala HM.Sukamta lewat pesan Whats App nya saat ditanyakan menyebutkan, jika sudah selesai proses lelangnya, maka segera kita lantik, singkatnya.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed