SPIN: Parpol Baru Alami Kenaikan Elektabilitas

by adm barito post
0 comment 3 minutes read
Logo Parpol Peserta Pemilu 2024 (foto:istimewa)

Jakarta, BARITOPOST.CO.ID – Lembaga survei SPIN menemukan adanya tren kenaikan elektabilitas dari beberapa partai baru, seperti PSI dan Partai Gelora.

Menurut direktur eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, partai-partai baru yang memiliki tren kenaikan tersebut tercatat sebagai partai dengan corak yang lebih kental warna nasionalisnya atau moderat ketimbang corak keagamaan.

Baca Juga: Giliran Kantor DLH Kota Banjarmasin Dikunjungi Wali Kota

“Secara teori, sebagian besar para pemilih Indonesia memang lebih memilih partai nasional ketimbang partai agama. Jadi partai yang melakukan pendekatan nasionalis dan moderat cenderung lebih banyak dipilih,” ucapnya, seperti dilansir rmol.com Senin (22/01/2024).

Menurut Igor, posisi Partai Gelora saat ini bisa dibilang sudah tepat. Walaupun secara historis merupakan partai pecahan dari PKS, namun Gelora berhasil membangun narasi baru sebagai partai moderat yang tidak kental identitas keislamanannya.

Baca Juga: Lagi, UPZ Bank Kalsel Bantu Biaya Lansia Dhuafa

“Dengan memilih asas pancasila, maka Partai Gelora bisa memperluas dukungan pemilih dari rumpun partai-partai islam yang makin mengecil,” katanya.

Walaupun untuk lolos ambang batas parlemen masih terbuka, namun Partai Gelora sebagai partai baru perlu untuk bekerja keras, menciptakan varian baru yang berbeda dengan partai-partai lama.

Baca Juga: Lagi, UPZ Bank Kalsel Bantu Biaya Lansia Dhuafa

“Keberhasilan Partai gelora lolos verifikasi dan ikut pemilu, harus disertai dengan menciptakan varian baru dalam politik Indonesia dengan visi dan misi yang dimilikinya,” pungkasnya.

Lembaga survei SPIN merilis elektabilitas partai-partai politik peserta Pemilu 2024.

Baca Juga: Lagi, UPZ Bank Kalsel Bantu Biaya Lansia Dhuafa

Survei menunjukkan partai-partai baru seperti PSI dan Partai Gelora mengalami kenaikan elektabilitas. PSI mendapatkan 3,8 persen, sedangkan Partai Gelora meraih 2 persen.

Survei digelar pada 8 hingga 14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden. Para responden dipilih dengan metode multistage random sampling di 38 provinsi Indonesia.

Baca Juga: Lagi, UPZ Bank Kalsel Bantu Biaya Lansia Dhuafa

Survei dilakukan dengan direct interview menggunakan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Elektabilitas Parpol Peserta Pemilu 2024:

Gerindra 21,1 persen

PDIP 19,7 persen

Golkar 10,1 persen

Demokrat 8,4 persen

PKB 7,2 persen

PKS 6,9 persen

NasDem 5,8 persen

PAN 4,1 persen

Baca Juga: Giliran Kantor DLH Kota Banjarmasin Dikunjungi Wali Kota

PSI 3,8 persen

PPP 2,2 persen

Gelora 2 persen

PBB 1,8 persen

Perindo 1,1 persen

Partai Ummat 0,2 persen

Partai Hanura 0,2 persen

Partai Buruh 0,1 persen

Partai Garuda 0,1 persen

PKN 0,1 persen

TT/TJ 5,1 persen

Follow Barito Post klik Google News

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment