SMA Plus Citra Madinatul Ilmi Kunjungi Sekretariat DPRD Kalsel

Kabag Persidangan Hukum, AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel M Andri Yuzhar, S.STP, M.IP menerima plakat dari pihak SMA Plus Citra Madinatul Ilmi.(foto : humasdprdkalsel)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – SMA Plus Citra Madinatul Ilmi dari Kota Banjarbaru dalam kegiatan studi tournya berkunjung ke Gedung Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di kawasan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (21/2/2023) pagi.

Rombongan SMA Plus Citra Madinatul Ilmi diterima oleh Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Hukum, AKD, dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Andri Yuzhar, S.STP, M.IP didampingi Kabag Tata Usaha (TU) Riduansyah beserta jajarannya.

Baca Juga: 476 Pelajar Terima Bantuan Pendidikan Dari Baznas Banjarmasin

Diungkapkan Andri, dari sekian kunjungan yang pernah ke Rumah Banjar, untuk se-tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ini adalah yang pertama.

Karena itu, ia tak lupa juga mendoakan kepada siswa-siswi kelak di masa depan dapat mewakili masyarakat Banua sebagai anggota legislatif.

“Merasa bangga dan terharu karena ini kunjungan pertama ke DPRD Provinsi Kalsel di tingkat SMA untuk melihat langsung, praktik dan dan room tour yang menjadi tempat rapat musyawarah mufakat untuk menghasilkan suatu kebijakan guna kemajuan di banua kita. Mudah-mudahan generasi penerus banua ini salah satunya dapat menggantikan generasi pendahulunya dan mewakili masyarakat banua duduk sebagai anggota dewan,” ucap Andri.


Siswa-siswi SMA Plus Citra Madinatul Ilmi usai pelaksanaan studi tour disejumlah ruangan rapat dan menggelar dialog dilanjutkan foto bersama di depan gedung Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel.(foto : humasdprdkalsel)

Lebih lanjut, Andri Yuzhar paparkan secara singkat kepada siswa-siswi dan guru pendamping beberapa hal, salah satunya tugas pokok dan fungsi kerja di Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel.

Dipaparkannya DPRD mempunyai kesamaan fungsi dengan lembaga legislatif setingkat.

“Fungsi DPRD sama dengan fungsi lembaga legislatif lainnya yang berada di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota. Salah satunya fungsi legislasi bersama pemerintah daerah membuat peraturan daerah. Kemudian fungsi anggaran DPRD membahas dan menetapkan sebuah APBD,” tuturnya.

Baca Juga: Pipa Baru Ke Sungai Andai Rampung, PT AM Uji Coba Selama 7 Jam

Salah satu guru mata pelajaran sejarah, Hasbullah, S.Pd menyampaikan kunjungan ini menjadi bekal berharga bagi anak didiknya yang sangat antusias ketika room tour ke beberapa ruangan di Rumah Banjar.

“Pengalaman yang bisa menjadi pembelajaran siswa-siswi SMA Plus CMI karena dari kunjungan ini mereka belajar banyak hal salah satunya apa tugas dan fungsi DPRD dan mereka juga diajak room tour ruang kerja anggota DPRD dan lebih antusias lagi saat mereka melihat-lihat ruang rapat paripurna,” ujar Hasbullah.

 

Penulis/Editor/* : Sophan Sopiandi

Related posts

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

Gubernur Kalsel Bangun Kantor Sekretariat SOIna, Kadispora Letakan Batu Pertama

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD