oleh

Sepakat, Porwanas Jatim Ditunda 2022, Rakernas di Kendari

Jakarta, BARITO – Peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berlangsung di Pullman Hotel Jakarta, menyepakati bahwa Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang sedianya digelar pada September 2021 ditunda pelaksanaannya pada bulan Juni 2022.

Keputusan ini diambil setelah Ketua SIWO Jawa Timur menyampaikan surat Gubernur Jatim kepada PWI setempat terkait alasan tidak bisa digelarnya Porwanas di Malang Raya pada September 2021.

Dalam rapat pleno yang dipimpin Agus Susanto dari SIWO Jakarta, Setyawati Wina SIWO Pusat dan Jean Bisay dari SIWO Papua, terjadi perdebatan yang konstruktif dari para peserta Rakernas yang mengarah pada pertimbangan penundaan Porwanas tersebut.

Sebelumnya Erwin, Ketua SIWO Jawa Timur memberikan pemaparan tentang alasan kenapa Gubernur Jatim, Khofifah Indarparawansa meminta pengunduran Porwanas dengan menyiapkan anggaran pada tahun 2022, yakni dengan pertimbangan kemanusiaan dan kesehatan seluruh peserta.

“Penundaan ini disebabkan karena hal non teknis. Kita semua menyadari hal itu, karena pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mengkhawatirkan. Tahun depan, Pemprov Jatim berkomitmen tetap akan membantu kami untuk penyelenggaraan ini. Namun tergantung dari peserta Rakernas untuk pertimbangannya,” tuturnya.

Beberapa pertimbangan akhirnya mengerucut dengan menyetujui penundaan Porwanas pada tahun 2022, dan tetap memberikan kepercayaan kepada provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah dengan pertimbangan bahwa Jatim sudah mengeluarkan banyak anggaran untuk persiapan penyelenggaraan Porwanas.

Memang sempat muncul penawaran dari Sulawesi Tenggara melalui ketua SIWO, Gafar, untuk mengambil alih tuan rumah, akan tetapi juga diselenggarakan pada tahun 2022.

Ini kemudian ditanggapi oleh Ketua SIWO Pusat, Gungde Ariwangsa, agar Sulawesi Tenggara mengambil peran pelaksanaan Rakernas SIWO tahun 2022, mengingat HPN tahun itu juga akan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Ini bukan berarti mentasbihkan bahwa tuan rumah HPN sekaligus sebagai tuan rumah Rakernas. Namun akan lebih elok jika pada tahun itu Kendari mengambil peran tuan rumah Rakernas saja, sementara Jawa Timur konsenterasi kembali untuk menyiapkan sebagai tuan rumah Porwanas,” kata Ari Wangsa.

Pendapat ini akhirnya didukung peserta dan menjadi keputusan yang final para Rakernas kali ini dengan membentuk tim kecil pembahasan tentang kepastian tempat dan tanggal pelaksanaannya untuk Rakernas SIWO tahun 2022.

Tim ini terdiri dari Siwo Sulawesi Tenggara, Siwo DKI Jaya, Siwo Jawa Timur, Siwo Papua dan Siwo Pusat.

Editor: H Arief

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed