Sandiaga Uno Pakai Sasirangan Karya Suratman ABH Binaan Bapas Banjarmasin

Saat berada di Duta Mall, Menparekraf Sandiaga Uno mengenakan setelan Kimono Sasirangan dan Tas Rajut karya Suratman, salah satu Anak Berhadapan Hukum (ABH) yang saat ini berada dibawah pembinaan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin.(foto : ist)

Banjarmasin, BARITO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bertemu pengusaha UMKM di Duta Mall, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (12/7/2022).

Para pengusaha UMKM merupakan peserta dari program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Banjarmasin 2022.

Pada kegiatan ini Sandiaga Uno mengenakan setelan Kimono Sasirangan dan Tas Rajut karya Suratman, salah satu Anak Berhadapan Hukum (ABH) yang saat ini berada dibawah pembinaan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin.

Suratman sendiri adalah ABH kasus penyalahgunaan narkoba. Ia saat ini sedang menjalani program pelatihan kerja. Tepatnya di Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin dibawah pengawasan Bapas Banjarmasin.

“Menurut saya ini yang harus kita dukung untuk generasi muda kedepannya. Produk-produknya ini memiliki kualitas untuk ekspor, kita ingin ini menjadi peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Kami siap berkolaborasi dengan tim dari Rumah Kreatif dan Pintar,” ucap Menparekraf, Sandiaga Uno.

Senada disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi melalui UPT Pemasyarakatan pihaknya terus menerus mendorong dan melakukan pembinaan. Terutama kepada ABH untuk dapat mempunyai keahlian dan kemampuan untuk menjadi modal bagi mereka saat kembali membaur dengan masyarakat.

“Kita berikan pembinaan bekerja sama dengan pihak eksternal guna memberikan keterampilan dan kemandirian bagi ABH. Suratman menunjukkan kemampuannya melalui karya yang luar biasa dan membuktikan bahwa ABH juga memiliki kemampuan yang dapat bersaing dalam menghasilkan karya-karya bernilai jual tinggi,” tukasnya.

Plt Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin, Muhammad Susanni menambahkan, pihaknya terus mendorong dan berikan pembinaan terkait kreasi anak muda.

“Dengan demikian kedepannya dapat menghasilkan sebuah karya yang memiliki kualitas dan dapat bersaing di pasar global,” pungkasnya.

Penulis : Arsuma/Rilis
Editor    : Sophan Sopiandi

Related posts

Malam Minggu Berdarah di Belitung Darat, Lima Tusukan Tewaskan Sopir Truk Lepas

Workshop Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2024

HM Tambrin: Layanan Haji Ramah Lansia Dimulai dari Tanah Air