Sah Sudah, RS Sultan Suriansyah Telah Terakreditasi Paripurna

Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Suriansyah

Banjarmasin, BARITO– Akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sakit Sultan Suriansyah dinyatakan resmi menyandang akreditasi Paripurna, pasca Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna mengeluarkan keterangan resmi tersebut 14 Maret 2023.

Keluarnya akreditasi tersebut merupakan buah kerja keras Pemko Banjarmasin untuk memajukan RS andalan warga Kota Banjarmasin.

Direktur RSUD Sultan Suriansyah, M Syaukani, merasa bersyukur atas hasil kerja keras pihaknya dalam pencapaian tersebut. Ia mengaku baru kemarin siang menerima surat dari lembaga akreditasi tersebut dengan Nomer : 0072.SKH-AKRE.lll.2023.

Banyak proses yang dilalui untuk mendapatkan akreditasi Paripurna tersebut. Apalagi RS plat merah ini melompat akreditasi dari jenjang Madya langsung ke Paripurna atau melompati satu jenjang utama. Ia menjelaskan, urutan predikat akreditasi rumah sakit adalah Madya, Utama, dan Paripurna.

“Alhamdulillah RS kami mendapat predikat akreditasi Paripurna. Terimakasih atas semua dukungan semua pihak,” ucapnya saat dihubungi Via whats app, Rabu (15/3/2023).

Syaukani melanjutkan, proses capaian Paripurna itu dimulai dari 16 BAB penilaian yang sesuai standar Akreditasi RS Kemenkes STARKES dari 226 Standar dan 789 Elemen Penilaian (EP).

Adapun standar penilaiannya wajib mendapat nilai 80. Sementara RSUD Sultan Suriansyah rata-rata telah mendapat nilai diatas 90, bahkan ada yang 100.

“Penilaian dalam survei akreditasi itu ada 16 bab penilaian. Semua nilai Alhamdulillah memuaskan yakni diatas 90 hingga 100,” bebernya.

Syaukani menuturkan, bahwa RSUD Sultan Suriansyah terus berupaya melakukan implementasi semua Standar Akreditasi RS yang memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan dan keselamatan pasien.

Peningkatan mutu layanan di RS bukan hanya akan berefek untuk pasien yang sedang dirawat di RS. Tetapi berdampak positif juga terhadap keluarga pasien, masyarakat umum, dan fasilitas kesehatan di sekitar RS.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, yang juga sekaligus Pengawas RS Sultan Suriansyah, mengucap syukur atas predikat tersebut. Tentu itu menjadi kebanggaan dan semakin dapat menumbuhkembangkan rumah sakit agar semakin dipercaya masyarakat.

Karena semakin baik rumah sakit semakin baik juga pelayanannya. Begitu juga keterkaitan kerjasama pihak lain, yang menjadi daya tarik tersendiri apabila rumah sakit maju.

“Alhamdulillah, ini menjadi motivasi tersendiri bagi manajemen RSUD Sultan Suriansyah untuk maju dan berkembang. Karena dengan Akreditasi Paripurna ini bisa lebih leluasa dalam mengembangkan diri dan lebih mudah mendapatkan kerjasama dengan pihak lain,” tutupnya.

 

Penulis: Hamdani

Related posts

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

Gubernur Kalsel Bangun Kantor Sekretariat SOIna, Kadispora Letakan Batu Pertama

Anggota DPRD Banjarmasin Terpilih akan Dilantik, Ini Tanggal Pelantikannya…..