PUPR Banjarmasin Targetkan 500 Titik Infrastruktur Sanitasi Layak dan Sehat

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Sosialisasi pengelolaan limbah domestik oleh PUPR Kota Banjarmasin, Rattan Inn, Kamis (6/6/2024)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Upaya mewujudkan sanitasi layak dan sehat, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin gelar sosialisasi pengelolaan limbah domestik melibatkan puluhan ketua RT, tokoh masyarakat dan instansi terkait, Kamis (6/6/2024) di Rattan Inn.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudamardiyah itu, menghadirkan narasumber dari Perumda PALD, Deris Kusdinar dan Praktisi Sanitasi Kota Banjarmasin, Ismail.

Kota Banjarmasin adalah daerah yang khas dengan budaya sungainya juga pemukiman bantaran sungai. Namun sayang, warga bantaran sungai belum banyak yang memiliki akses air limbah domestik yang layak dan aman.

Oleh sebab itu, sosialisasi untuk sanitasi sehat itu harus digencarkan, meskipun tidak bisa sekaligus, perlahan tapi pasti.

Kata Yayah (panggilan Suri Sudamardiyah) bahwa pihaknya tahun ini menarget ada 500 titik pemukiman warga memiliki infrastruktur sanitasi layak dan aman. Targetnya sebagian besar kawasan kumuh di wilayah Banjarmasin Selatan.

Yayah pun berharap, pembangunan sanitasi yang dikerjakan pihaknya itu mendapat dukungan masyarakat.

“Setiap tahunnya kami bangunkan 500 titik infrastruktur sanitasi. Setelah dibangun, warga diminta untuk menjaganya, karena mereka yang memakainya. Nah dalam sosialisasi ini, warga diberikan pemahaman bagaimana melakukan pengelolaan limbah domestik yang baik,” katanya.

Baca Juga: Bulog HST Siap Sediakan Beras Sehat

Yayah melanjutkan, program sanitasi itu juga untuk mendukung penekanan angka stunting, melatih masyarakat agar terbiasa gaya hidup sehat. Itu juga sekaligus mencegah buang air besar sembarangan (BABS) yang sekarang ini digencarkan pemerintah.

“Kegiatan ini juga sekaligus penanganan stunting, gaya hidup sehat dan mengurangi BABS di kota ini,” katanya.

Manajer Teknik, Perumda PALD, Deris Kusdinar, sosialisasi yang dilaksanakan juga untuk memberikan pemahaman masyarakat. Itu juga sekaligus mengajak warga untuk mau berlangganan PAL, agar pengelolaan air limbah domestik bisa ditangani dengan baik, guna menciptakan sanitasi yang sehat dan bersih.

Seiring itu pihaknya juga sembari menyampaikan penyesuaian tarif yang akan diberlakukan. Seperti Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dimana sebelumnya tarif 25 persen dari pembayaran PAM Bandarmasih, sekarang menjadi plat sebesar Rp 5.000 untuk rumah tangga.

Bahwa tarifnya itu telah sesuai dengan Peraturan Wali Kota Banjarmasin Nomor 152 Tahun 2023 Tentang Tarif Pelayanan Pengelolaan Air Limbah Domestik dan Layanan Sedot Tinja.

Penulis : Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment