Polresta Peduli Cagar Budaya Melalui Revitalisasi Mesjid Sultan Suriansyah Banjarmasin

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
CEK PENGECATAN - Kapolresta Banjarmasin Kombes P Sabana Atmojo bersama Wakapolresta AKBP Arwin dan Ketua BP Ahmad Sya'rani saat mengecek Sekretariat BP Mesjid Sultan Suriansyah yang sudah dicat, Jumat (14/6/2024) pagi. (foto:sum/brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Jajaran Polresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito tak hanya menggelar bakti sosial (Baksos), melainkan juga mengangkat melalui bantuan sosial terhadapa Mesjid bersejarah di Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut, Jumat (14/6/2024) pagi. Aksi bersih- bersih dan pengecatan Mesjid kebanggaan kota Seribu Sungai itu kini semakin asri dan nyaman.

Kegiatan tersebut juga dihadiri seluruh Forkompimko setempat termasuk Dan Lanal Banjarmasin. Bahkan secara kebetulan dihadiri seorang staf dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sabana pun mengecek tempat Sekretariat dan Pos Satpam hingga tempat wudhu sampai spanduk yang terpasang.

Kegiatan Baksos dan Bansos pihak Polresta Banjarmasin dan jajaran itu dengan memberikan secara simbolis sembako sebanyak 200 paket. Kemudian membuka Bazar murah bersama UMKM agar masyarakat dapat membeli dengan harga terjangkau.

Wakil Polresta Banjarmasin AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan, revitalisasi ditempat ibadah yang bersejarah itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan sekaligus tradisi jelang HUT ke 79 Bhayangkara pada 1 Juli nanti.

Tentunya juga ada baksos bagi sembako sebanyak 200 paket dan UMKM dan baksos kesehatan. Hingga warga yang berdekatan dengan dermaga maupun malam Sultan Suriansyah pun antusias mendapatkan sembako maupun pengobatan hingga berbelanja.

Baca Juga: Seorang Oknum Notaris Dilaporkan Warga ke BPN Banjarbaru, Ada Apa?

Polri dalam hal ini Polresta Banjarmasin guna mendekatkan diri kepada masyarakat. Dia juga berterimakasih atas kedatangan tokoh warga dan forkopimda serta pengurus Mesjid Sultan Suriansyah karena memberikan tempat sebagai pelaksanaan. Termasuk juga kedatangan pihak KPU dan juga tokoh pemuda.

“Walaupun kami belum memberikan yang terbaik, namun kami Berusaha semaksimal mungkin. Namun hal itu guna mendekatkan diri kepada warga setempat. Selanjutnya membuat kemitraan bersama dalam giat yang positif,” Sebut Arwin.

Ketua BP Mesjid Sultan Suriansyah
Ahmad Sya’rani menambahkan bahwa arti dari revitalisasi itu adalah mengangkat nilai-nilai cagar budaya Mesjid setempat. Dan pada hari ini sangat bersejarah karena wukuf di Arafah Arab besok Sabtu.

Dimana Pangeran Samudra yang bergelar Sultan Suriansyah dibaiat oleh Khatib Bayah. Tepat pukul 10.00 Wita tahun 932 Hijriah atau 8 Zulhijah dan dua hari setelah itu dilaksanakan sholat ied yang pertama di Mesjid Susu tersebut.

“Jadi nanti sholat Idul Adha merupakan ke 498 lalu, nah Senin nanti hal luar biasa terhadap bangunan bersejarah itu.
Makanya pihak Polri memberikan perhatian dan masyarakat merasa memiliki keluarga besar dan motivasi. Kalau ada penilaian polisi macam-macam tapi juga banyak positifnya. Karena polisi banyak membantu seperti pengecatan Mesjid dan sekretariat dan pengamanan.

“Untuk itu pihaknua mendoakan agar para pimpina baik Kapolda, Kapolresta Banjarmasin dan jajarannya diberikan selalu kesehatan. Karena guna memberikan rasa keamanan dan pengayoman,”pungkas Sya’rani.

Penulis :Arsuma
Editor : Mercurius

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment