Pertama, Kampung Jelujur Sasirangan Diresmikan Di Alalak

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Momentum Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-8 Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, resmikan
Kampung Tematik Jelujur Sasirangan Pertama di Kawasan Alalak, Kampung Jelujur Alalak Utara. Sabtu (29/6/2024).

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah, Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor didampingi Wakil Ketua Dekranasda kota Banjarmasin, Hardiyanti, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman didampingi Ketua DWP kota Banjarmasin, Rusdiati, Kepala Dinas Kopumpker kota Banjarmasin, H M Isa Anshari, Camat dan Lurah beserta SKPD terkait.

Baca Juga: Cetak Alumnus Berkualitas Mantan Gubernur Kalsel dan Gubernur Kalteng, SD SMP SMA Kristen Gelar Reuni Akbar

Kata Ibnu Sina, apresiasi dan penghormatan kepada seluruh warga, khususnya para ibu-ibu yang berprofesi sebagai penjelujur kain Sasirangan di kawasan tersebut.

Ia menekankan pentingnya peran para penjelujur dalam mempertahankan kualitas dan keaslian kain Sasirangan.

“Kita bangga ya, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah mendapatkan sertifikat indikasi geografis yang berasal dari Kalimantan Selatan. Jadi, tidak ada yang bisa menggugat atau klaim sepihak tentang asal muasal Sasirangan selain Kalimantan Selatan, tapi ada satu hal yang dilupakan, kain Sasirangan tidak akan jadi kain Sasirangan tanpa tukang menjelujur,” jelas Ibnu Sina.

Dengan diresmikannya Kampung Jelujur tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing kain Sasirangan dari Kalimantan Selatan, serta memberikan penghargaan yang layak kepada para penjelujur yang telah bekerja keras mempertahankan warisan budaya kita.

Baca Juga: Barito Putera Bersholawat dan Perkenalan Pemain Jelang Kompetisi Liga 1

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada bank kalsel telah menyalurkan dana CSR kepada pengrajin jelujur Sasirangan.

“Oh iya saya juga berterima kasih kepada Bank Kalsel yang akan menyalurkan dana CSR nya untuk ibu ibu penjelujur ini. Agar makin semangat dalam membuat motif motif baru sasirangan dan menjaga kualitas terbaiknya,” tandasnya.

Penulis : Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment