Peringatan Cleanup Day Dipusatkan di Sungai Biuku

by baritopost.co.id
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Peringatan World Cleanup Day (WCD) 2022 di Kota Banjarmasin diperingati dengan aksi bersih-bersih yang dipusatkan di kawasan Wisata Selanjung, Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Sabtu (18/9).

Kegiatan World Cleanup Day yang diperingati setiap tanggal 16 September ini juga sebagai salah satu rangkaian untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 496.

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Banjarmasin, Alive Yoesfa Love mengatakan, kegiatan tersebut turut mengundang komunitas peduli sungai, mahasiswa pencinta alam dan komunitas peduli lingkungan yang ada di Kota Seribu Sungai.

“Kita lakukan bersih-bersih di sungai-sungai. Bukan di Sungai Biuku saja, tapi diseluruh Kecamatan di Banjarmasin,” ujar Alive, Sabtu, (18/9/2022)

Adapun tujuan kegiatan dilaksanakan di seluruh kecamatan ujarnya yakni untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat Banjarmasin akan lingkungan saat ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 12 Kabupaten Kota di Indonesia. Dan Banjarmasin juga diberikan kepercayaan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melaksakan ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya turut melaksanakan penanaman pohon hingga menebaran cairan ecoenzim ke wilayah sungai biuku.

Momentum hari kebersihan ini juga, Alief berharap warga Banjarmasin khususnya agar memperhatikan lingkungan sekitar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai yang baru ini viral soal cemaran limbah mikroplastik.

Mikroplastik itu adalah bersumber dari sampah plastik yang terurai menjadi bagian super kecil.

“Sebenarnya sampah plastik yang sampai ke kita itu ada iriman dari hulu, namun hal ini kita sama sama menjaga lingkungan,” tutupnya.

Penulis : Hamdani

You may also like

Leave a Comment