Penumpang Kapal Laut Mulai Melonjak dari Banjarmasin ke Surabaya 

Banjarmasin, BARITO – Pelarangan mudik oleh Pemerintah dari tanggal 6 – 17 Mei 2021, membuat masyarakat mulai melakukan aktivitas mudik lebih cepat dari pada biasanya.

Pelaku jasa kapal laut di Kalimantan Selatan, PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin mengakui, sudah mulai ada lonjakan penumpang beberapa hari terakhir ini dari Kota Banjarmasin menuju Kota Surabaya.

“Jika hari biasa kita hanya dapat mengangkut penumpang 50 orang, sekarang sudah bertambah hingga 100 orang. Kondisi ini kami prediksi akan terus naik hingga awal bulan Mei mendatang,” ujar Kepala PT DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyudi, Jumat (23/4/2021).

Mulai naiknya jumlah pemudik melalui jalur Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sendiri, tidak terlepas dari keinginan masyarakat yang ingin mensiasati larangan mudik yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Selain itu katanya di Provinsi tetangga seperti Kalteng akan menerapkan kebijakan yang ketat untuk keluar masuk orang di wilayahnya dalam waktu dekat. Makanya banyak perantau dari Jawa yang bekerja disana, memilih pulang lebih awal agar bisa tetap mudik ke kampung halaman,” tambahnya.

Untuk bisa menampung pemudik yang pulang lebih awal ini, pihaknya mengaku tidak menyediakan armada khusus. Dua armada yaitu KM Dharma Kartika 9 dan KM Kirana dipersiapkan untuk mengangkut penumpang dan barang dari Banjarmasin ke Surabaya maupun sebaliknya.

“Tidak ada penambahan, tetap dua armada saja,” paparnya.

Terkait harga tiket memang diakuinya sudah mengalami kenaikan, untuk penumpang dewasa dibandrol Rp360 ribu, dari sebelumnya hanya Rp300 ribu. Sedangkan untuk mengangkut kendaraan bermotor untuk jenis mobil mencapai Rp2,3 Juta dari sebelumnya hanya Rp2 Juta.

“Kenaikan harga tiket untuk penumpang dan kendaraan bermotor sendiri akan terus sampai mendekati waktu pelarangan mudik yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Penulis: Afdi

Related posts

Apersi Kalsel Dikukuhkan, Wujudkan 10.000 Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Gelar Musda II dan Pelantikan IVENDO Kalsel, Pemprov: Kembangkan Pariwisata di Banua

Dukung Digital Display untuk Kebutuhan Bisnis dan Dunia Pendidikan, LG Raih TKDN