Pemkab HST Gelar Lomba Masak, Kampanyekan Berbagai Olahan Ikan

Bupati HST dan Ketua TP PKK serahkan hadiah kepada juara yang ikut lomba memasak

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar lomba memasak berbagai olahan berbagai ikan bertempat di Taman Dwi Warna Barabai, Kamis (16/5/2024).

Dalam kegiatan kali ini dihadiri langsung oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) HST, Chery Bayuni Budjang.

Ujar Chery Bayuni Budjang , pada kegiatan ini memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi terhadap berbagai cara mengelah ikan.

“Bukan sekdar lomba biasa saja, namun kita juga membiasakan masyarakat untuk mengolah bahan hasil tangkapan ikan yaitu ikan tongkol, ikan gabus, ikan patin, dan ikan lainnya,” ujarnya.

Tujuan salah satunya tergelarnya acara ini, adalah sebagai langkah menurunkan stunting melalui pemberdayaan keluarga dengan kegiatan yang bermanfaat salah satunya cara pengolahan ikan.

“Lomba tersebut tidak hanya mengajar juara saja tapi kegiatan ini dapat bermanfaat untuk keluarga” katanya.

Dalam lomba ini berhasil dimenangkan oleh Kecamatan Batu Benawa, juara kedua Dewi Sinta Kumala Sari dari pesarta umum dan juara ketiga Puspa Eka Wati dari peserta umum serta Kecamatan Haruyan juara harapan.

Sedangkan menu balita, juara pertama berhasil diraih peserta umum Sherly Tandean, juara kedua Dewi Ratna Sari, juara ketiga Kecamatan Hantakan dan juara harapan Fatmawati.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST, Afni Hidayat menambahkan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan bagian dari kampanye pemanfaatan hasil tangkapan ikan.

“Makanan yang dibuat dari beragam olahan ikan, diharapkan dapat memberikan pemahaman pentingnya kandungan gizi dan disenangi oleh anak-anak,” tambahnya.
Melalui lomba tersebut, diharapkan PKK dan masyarakat dapat mengkampanyekan keluarga di rumah untuk mencintai olahan ikan dan membantu pemerintah menurunkan angka stunting.

Penulis: Yufanata Tuapatinaya
Editor: Sophan Sopiandi 

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Datangkan Artis Ibu Kota Pemborosan Anggaran dan Tidak Efektif Tingkatkan Pastisipasi Pemilih

Peluncuran Pilkada HST Datangkan Artis Ibu Kota

Ketua TP PKK HST Beri Pembekalan Sahabat ASI untuk Tekan Angka Stunting