Pemkab HST Dukung Peran Perempuan Secara Ekonomi Mandiri

Bupati HST H Aulia Oktafiandi bersama Ketua TP PKK Cheri Bayuni Budjang serahkan bantuan kepada KWT

Barabai, BARITOPOST.CO.ID – Pemberdayaan Perempuan melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan suatu momen dalam menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dan kreatifitas, serta memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh anggota Masyarakat, terutama bagi kaum Perempuan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian HST ini dibuka secara langsung oleh Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi, turut berhadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK HST, Camat Barabai beserta Ketua TP PKK Kecamatan Barabai, dan Forkopimcam Barabai, bertempat di Rumah Ketua Gapoktan Desa Benawa Tengah Kecamatan Barabai, Senin (6/5/2024).

Kepala Dinas Pertanian HST Budi Satrya Tanjung menjelaskan acara yang diikuti perwakilan anggota KWT di Kecamatan Barabai dengan jumlah 100 orang ini dilatarbelakangi oleh kesejahteraan masyarakat yang belum sesuai harapan, serta kemiskinan yang dilatarbelakangi ketidakmampuan dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi.

“Untuk mencapai kesejahteraan maka program Pembangunan mengarah pada upaya mengubah pola hidup dari ketidakberdayaan dalam memenuhi kebutuhan hidup menjadi berdaya, mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.” Jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK HST Cheri Bayuni Budjang dalam sambutannya menegaskan komitmen dalam mendukung perempuan-perempuan di desa untuk dapat mandiri secara ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beliau juga serahkan paket peralatan hidroponik kepada Kelompok Wanita Tani yang merupakan lambang upaya mengembangkan potensi di bidang pertanian modern, agar dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dengan penggunaan lahan dan sumber daya yang lebih efisien.

“Peralatan ini merupakan langkah awal kami dalam berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan pelatihan serta bimbingan kepada Kelompok Wanita Tani agar mereka dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan hidroponik ini dengan baik.” Ucapnya.

Beliau yakin, dengan semangat kerja keras dan kolaborasi yang solid, Kelompok Wanita Tani akan mampu mencapai kesuksesan dalam mengembangkan usaha pertanian mereka, serta memberikan dampak positif bagi kemajuan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan.

Penulis: Yufanata Tuapatinaya
Editor: Sophan Sopiandi 

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Bupati HST Bersama ASN Lakukan Aksi Bersih-Bersih Pasar Karamat Barabai

Pemkab HST Gelar Lomba Masak, Kampanyekan Berbagai Olahan Ikan

Terus Tingkatkan Kreatifitas dan Daya Saing Pengusaha Lokal, Ketua Dekranasda HST Giatkan Pembinaan ke IKM Mujisela