oleh

Pemerketatan Pintu Masuk Berpotensi Muncul Kemacetan Panjang

Ibnu Sina : Ini Demi Pencegahan Penularan Covid-19

Banjarmasin, BARITO – Pemerketatan pintu masuk kota yang disiapkan Pemerintah Kota Banjarmasin ditanggapi serius oleh Forum LLAJ Banjarmasin. Forum menyangkal bila dilakukan akan berdampak kemacetan pada lalu lintas di dua perbatasan wilayah yakni Km 6 dan Handil Bakti.

Ketua Forum LLAJ Kota Banjarmasin, Ikhwan Noor Chalik, mengatakan, forum hanya memberikan masukan terkait permintaan Wali Kota Banjarmasin yang ingin membatasi dan memeriksa setiap warga yang masuk ke kota.

“Bila dijalankan, resikonya akan berdampak pada kemacetan panjang. Jadi kami bukan menolak tapi hanya memberi pertimbangan saja,” ucap pria yang juga seorang Kepala Dinas Perhuhungan Kota Banjarmasin ini via telepon, Kamis (2/4).

Ikhwan membayangkan, hanya karena mobil mogok saja kemacetan di dua lokasi itu bikin kemacetan panjang. Apalagi bila setiap yang datang diperiksa melalui pos-pos yang sudah ditentukan. Tentu akan membuat kemacetan panjang.

“Nah pertimbangan ini yang kami beri masukan kepada pak wali. Tapi bila pak wali tetap ingin melakukan yaa tidak apa-apa, ini juga demi yang terbaik untuk masyarakat agar virus ini tidak mudah terjangkit, apalagi kota kita sudah terserang,” bebernya.

Meskipun demikian, karena alasan demi mencegah penularan Covid-19, Wali Kota Banjarmasin tetap menjalankan rencana itu menyusul edaran dari Gubernur Pemprov Kalsel.

Kemudian, terkait itu juga telah kita pikirkan bagaimana agar tidak bertabrakan dengan aturan pusat.

“Hari ini sudah disiapkan pos-pos pemantauan dan pemeriksaan yakni di terminal Km 6 dan Batola. Mungkin satu dua hari ini kita sosialisasikan kemudian baru dijalankan rencana pemeriksaan setiap warga yang masuk kota,” tuturnya.

Pemeriksaan nanti, lanjut Ibnu, misalnya bus datang dari Kaltim, penumpangnya akan langsung di cek suhu badannya dengan alat yang sudah disiapkan. Bila didapati ciri-ciri terjangkit virus, maka petugas akan meminta karantina sendiri atau karantina yang telah disediakan Pemko.

“Ini demi pencegahan penularan Covid-19 yang datang dari luar. Apalagi Banjarmasin sudah ada yang positif terjangkit, tentu harus ditingkatkan keamanannya untuk masyarakat,” tutupnya.

Penulis: Hamdani 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed