oleh

Pedagang Umbul-Umbul Merah Putih Mulai Marak

Banjarmasin, BARITO – Pedagang Umbul-Umbul Merah Putih mulai marak menjelang perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Tampak mereka berdagang di kawasan Pasar Baru, Banjarmasin.

Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan tersebut seperti M Yasir, yang sering melayani pembeli atau pelanggan berasal dari luar daerah. “Saat ini untuk omset memang ada penurunan, sebab Banjarmasin lagi masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PP),” ujarnya.

“Tapi tahun ini belum bisa diprediksi. Penjualan belum ramai, masih awal bulan dan dan calon pembeli dari luar daerah belum ada yang berdatangan,” ucapnya.

“Walaupun ada saja pembeli tiap harinya, tapi omzet penjualan belum ada peningkatan yang signifikan, masih normal. Sementara dalam sehari pendapatan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Saya berharap pada hari menjelang tujuhbelasan tahun ini ada kenaikan omzet penjualan dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Di tempat lain pedagang bendera dan umbul-umbul serta pernak-pernik khas tujuh belasan yakni Sugianoor, memaparkan omzet penjualannya tak berdeda jauh dari tahun sebelumnya.

“Memang ada kenaikan harga, itupun tergantung bahannya sendiri. Untungnya langganan kami banyak dari perkantoraan atau intansi pemerintah, maupun perusahaan yang memesan bendera yang berukuran besar maupun sedang, serta pernak-pernik tujuhbelasan,” tambahnya.

Sedang pedagang lainnya Fazeri mengakui penjualannya sama seperti tahun sebelumnya. “Saat ini masih belum ada peningkatan masih biasa biasa saja. Biasanya pembelian dengan skala grosir atau partai bahkan ada yang enceran,” ucapnya.

Ia menyebutkan, yang banyak dicari adalah bendera merah putih untuk dipasang depan rumah atau pinggir jalan, kalau ada kenaikan harga tidak seberapa. Produsen bendera dan umbul-umbul adalah penjahit di Banjarmasin, sedangkan pernik pernik khas tujuhbelasan dari Bandung dan Surabaya.

Harga umbul-umbul merah putih ukuran 3 meter seharga Rp 25 ribu per lembar. Lebih besar ukuran 4 meter ditawarkan seharga Rp 35 ribu. Ditambahkannya bendera merah putih ukuran 1,8 meter dijual seharga Rp 75 ribu per lembar untuk harga eceran, Sedangan, untuk partaian dapat potongan harga Rp 5 ribu per lembar.

afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed