oleh

Partisipasi Pemilih Meningkat, Dua Jam Sudah 50 Persen

Banjarmasin, BARITO – Partisipasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) terbilang jauh meningkat bila dibanding pelaksaan Pemilu 9 Desember 2020 lalu. Hal tersebut dapat dipantau di beberapa TPS di Bajarmasin Selatan.

Di TPS 17 Pekauman contohnya. TPS yang memiliki daftar pemilih tetap (DPT) 396 orang ini 3 jam sejak dimulainya pencoblosan sudah mendata separu lebih pemilih.

Menurut Ketua TPS 17, Rahmad Yudistira, antusias warga dalam PSU ini sudah melebihi dari pemilu 9 Desember lalu.

“Alhamdulillah partisipasi meningkat dari yang lalu. Jam 10 ini saja sudah 50 persen lebih, sementara pemilu Desember lalu di TPS ini tidak capai 50 persen, ” katanya saat ditemui di TPS, Rabu (9/6).

Peningkatan partisipasi juga terjadi di TPS 15 masih di Kelurahan Pekauman.

Menurut Ketua TPS 015 M Maulana Wahab, baru dua jam lebih partisipasi warga untuk mengambil haknya dalam memilih calon Gubernur sudah 50 persen lebih dari 282 DPT.

“Antusias warga lebih banyak, bahkan ada peserta yang datang berbondong. Selain itu peserta lumpuh dan yang sakit juga kami antar jemput melalui fasilitas yang disediakan,” bebernya.

Sebelumnya, peningkatan partisipasi pemilih ini, ribuan warga wilayah yang berdomisi di Kecamatan Banjarmasin Selatan berbondong-bondong untuk memperbaharui KTPnya di Kantor Camat Banjarmasin Utara.

Keinginan pembaharuan KTP itu karena warga tak ingin menyiakan kesempatan mengikuti PSU dan aji mumpung bisa mendapatkan KTP baru. Kebanyakan warga yang memperbaharui merupakan warga yang kehilangan dan rusaknya KTP.

Penulis : Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed