Pantau Pelaksanaan PSU, Begini Kata Kapoda Kalsel

Foto iman satria

Banjamasin BARITO – Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto bersama Pj Gubernur Kalsel Safrizal Komisioner KPU RI melaksanakan pemantauan langsung pelaksanaan pe muAngutan suara di sejumlah TPS saat pelaksanaan PSU. Rabu (9/6/2021).
Aspekejamanan dan ketertiban malsyarakat (Kamtibmas) tetap menjadi atensi utama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel)

Satu di antaranya yaitu di TPS 07 Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin?

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalsel menyatakan situasi Kamtibmas selama pelaksanaan PSU secara umum kondusif dan tak didapati gangguan keamanan yang berpotensi menghambat pelaksanaan PSU.

“Sampai saat ini tidak ada gejolak apapun dalam kaitan tindak pidana. Ada hal-hal yang sudah terjadi tapi dari pihak Bawaslu dan Gakkumdu sudah menyelesaikannya langsung. Sehingga dipastikan persoalan sebelumnya selesai,” kata Kapolda.

Namun terkait persoalan pidana lain di luar ranah pidana Pemilu kata dia terus berproses sesuai aturan yang berlaku.

Ia menegaskan, dalam rangkaian tahapan sejak Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusannya hingga tibanya pelaksaan PSU di sebagian wilayah Kalsel Tanggal 9 Juni, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kalsel terus kompak untuk dapat menjaga kondusifitas Kamtibmas.

Seminggu belakangan dan utamanya dua hari terakhir hingga pelaksanaan PSU, personel Polri dibantu TNI kata dia melaksanakan patroli intensif ke seluruh wilayah utamanya di wilayah yang melaksanakan PSU.

“Seminggu terutama dua hari terakhir ini, kami perintahkan anggota kami Polri dibantu TNI 24 jam full patroli masuk ke jalan utama, jalan tengah, jalan tikus masuk semua. Juga melakukan dialogis dengan masyarakat supaya pelaksanaan (PSU) hari ini terselenggara dengan baik,” kata Kapolda.

Adanya perhatian dari seluruh stakeholder termasuk dari KPU dan Bawaslu RI serta pemantau terhadap pelaksanaan PSU di Kalsel adalah hal positif.

“Dukungan masyarakat Banua juga tentu menjadi hal utama agar PSU ini bisa terselenggara dengan baik,” bebernya.

Editor: Mercuriius

Related posts

Korban Tenggelam Terjun ke Sungai dari Jembatan Basirih Ditemukan

Operasi Rutin Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 500 Ton Batu Bara Ilegal

15 Laptop di SDN Basirih 5 Banjarmasin Raib Digasak Maling