Opening BSF Ke-7 Memukau Ribuan Warga Dengan Disain Baru Kain Sasirangan

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Pembukaan Banjarmasin Sasirangan Festival ke 7 di Siring Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7 2023 dibuka dengan meriah dengan berbagai penampilan khas Sasirangan spektakuler dan disaksikan langsung oleh ribuan warga Kota Banjarmasin di Siring Kota Banjarmasin, Jumat (10/3/2023).

Dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, beserta Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor. BSF 7 juga dihadiri seluruh Forkopimda Banjarmasin, Pemerintah Provinsi Kalsel, tokoh masyarakat dan budaya.

Baca Juga: Terlibat Sabu, Dua Warga Kelayan A Banjarmasin Dibekuk

Kata Ibnu, BSF dilaksanakan tidak lain agar kain sasirangan semakin dicintai dan dibanggakan oleh masyarakat. Kemudian kain kebanggan itu lebih dikenal ke tingkat nasional hingga mancanegara.

Perlu diketahui juga, BSF kini masuk even nasional kharisma nusantara yang ditetapkan Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif, yang merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penari Sasirangan sedang bersiap untuk pertunjukankannya.

Penari Sasirangan sedang bersiap untuk pertunjukankannya.

“BSF diharapkan dapat menambah semangat dan lebih bangga terhadap kain Sasirangan. BSF ini sejatinya adalah untuk menghormati para pengrajin sasirangan yang melestarikan peninggalan buaya banjar ini,” ucapnya disela sambutan pembukaan BSF 7.

Sama seperti tahun sebelumnya, peragaan busana kain Sasirangan menjadi unggulan untuk dipertontonkan kepada masyarakat. Salah satunya pertunjukan disain sasirangan berbagai selera fasion oleh desainer Ibnu Hasan dan Muslim.

Baca Juga: Kedapatan Bawa Sajam, Warga Zapri Zam zam Banjarmasin Ini Diringkus

Pelaksanaan BSF ke 7 ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya Ekspo Sasirangan yang mengumpulkan puluhan Pengrajin sasirangan dan produknya tidak hanya Banjarmasin, namun se Kalsel.

Kemudian juga dimeriahkan dengan lomba motif sasirangan yang digelar di Rumah Anno Siring Tendean. Lomba ini diperuntukkan agar muncul inovasi baru terkait disain sasirangan serta motifnya.

Penulis: Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment