Ngobras GABUS bersama ORARI Kalsel

Biar Komunikasi Lancar saat Touring

Banjarmasin, BARITO – New Gabungan Automotive Banua Sehati (GABUS) Batanak Kalsel, kembali menggelar event pasca event Kopdargab Akbar di Angkasa Pura I Syamsuddin Noor beberapa waktu lalu.

Kali ini komunitas puluhan club mobil tersebut menggelar event edukasi dengan menggandeng Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Daerah Kalsel dan Lokal Banjarmasin, Minggu (1/11) kemarin di Citra Land.

Ya, event yang lebih tepatnya bertajuk coaching clinic ini, langsung dihadiri Ketua ORARI Kalsel H Ahmad Yani dan Ketua Lokal ORARI Banjarmasin H Rifani selaku narasumber.

Dalam obrolan santai yang dipandu H Arief (Dewan Penasihat Gabus) dan Tanto (salah satu pengurus Gabus) tersebut, diangkat topik hangat seputar penggunaan rakom (radio komunikasi) saat para pecinta otomotif ini melakukan touring maupun kopdar skala besar, baik lewat media piranti Rig maupun handy talkie, yang sangat berperan penting dalam lancarnya aktifitas touring.

Bukan hanya etika dan tata bahasa yang dibimbing oleh Om Yani (sapaan khas anggota ORARI), namun juga hal-hal krusial seperti hilang sinyal dan komunikasi yang terputus. “Situasi darurat dan hilang sinyal frkeuensi seperti ini kami sebut ‘skip’ atau bahasa anak muda sekarang blank, kosong,hilang dan sebagainya. Jadi bukan faktor X yang kadang diartikan mistis atau horor semacam itu, hal ini lebih kepada faktor alam seperti terhalang gunung atau perbukitan,” urai Om Yani

Lalu bagaimana solusinya, seperti yang ditanyakan Bertino. “Cukup simpel, seluruh perangkat rakom rata-rata sudah dual band, UHF dan VHF. Untuk touring dengan kecepatan tinggi dan jarak jauh, biasa digunakan Very High Frekuensi. Sebelum touring dilakukan, tentu ada briefing dari pimpinan rombongan soal frekuensi. Nah, apabila ditemukan masalah seperti tadi, jika ada anggota touring yg ‘skip’ dan putus komunikasi dalan durasi waktu lama dan jarak semakin jauh, yang tertinggal dan yang duluan, secara kompak segera mengalihkan ke line UHF,” pesan Om Yani dalam salah satu tips yang diberikannya kepada peserta ngobras tersebut.

Selain seputar ORARI, dalam event ngobras tersebut juga diawali dengan kegiatan fogging disinfektan bagi 20 unit mobil anggota Gabus yang disupport pihak Wira Toyota Banjarbaru. Bukan hanya itu, dalam pembukaan acara, seluruh peserta ngovras mendapat penyuluhan soal pencegahan covid-19 oleh jajaran Satpol PP Kabupaten Banjar yang dipandu oleh Duta Ubah Perilaku Dwi Cs, baik dalam hal social distancing, penggunaan masker, hingga mencuci tangan yang baik dan benar. aha

Related posts

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

Cegah Radikalisme, BNPT Gelar Smart Indonesia Bersatu Bangsaku