NasDem Kalsel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Hari Pertama Banyak ‘Konsultasi’

Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) HA Rozani HN (foto:baritopost)

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.ID – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah pada 1-7 Mei 2024.

Balon kepala daerah dapat mengambil formulir untuk melengkapi persyaratan di kantor DPW/DPD Partai NasDem se-Kalsel.

Baca Juga: Parpol Perolehan Kursi DPR RI pada Pemilu 2024

Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel HA Rozanie Himawan Nugraha menyebutkan, pendaftaran dibuka untuk umum. ‘Siapa pun itu, putra putri terbaik Kalsel, dipersilahkan daftar di Partai NasDem baik DPD maupun DPW,’ ucap HA Rozanie Himawan Nugraha yang juga anggota DPRD Kalsel ini, Rabu (1/5/2024).

Menurutnya, Pilkada 2024 kali ini minimal NasDem mampu meraih 50 persen (separo) kemenangan di 13 kabupaten/kota. ‘Jadi, kita berupaya mungkin, misalnya kita mampu merebut 6-7 kepala daerah, namun dalam beberapa titik, diharapkan kader terbaik NasDem maju sebagai kepala daerah (gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota ke depan,’ tambahnya.

NasDem Memanggil untuk Petra Putri Terbaik di Kalsel

Baca Juga: 55 Anggota DPRD Kalsel Terpilih 2024-2029, Ini Nama dan Partainya

Untuk kader, sambungnya, yang diberikan privilege (hak istimewa) kepada kader, tentu yang betul-betul memperjuangkan NasDem. ‘Kita akan memperjuangkan kader, apabila melihat track record Pemilu 2024. Mereka sungguh-sungguh memperjuangkan NasDem,’ jelas mantan Ketua DPD NasDem Kabupaten Banjar ini.

Tak kalah penting pula, tandas HA Rozanie Himawan Nugraha, melihat elektabilitas kader. ‘Ada poin dan pertimbangan yang diperhitungkan,’ bebernya.

Dan hasil survey pun menjadi parameter. ’Survei pun menjadi acuan kita untuk mengukur kemampuan kader,’ imbuhnya.

Baca Juga: ‘Pelatihan 3 Bahasa’ Mandarin, Arabic dan English di Fakultas Farmasi Uniska Banjarmasin

Berdasarkan pantauan, hari pertama pendaftaran 1 Mei 2024 di DPW Partai NasDem Kalsel Jalan RO Ulin Kota Banjarbaru, tampak sejumlah kader NasDem dan masyarakat umum melakukan ‘konsultasi’ dengan HA Rozanie Himawan. Bahkan ada sejumlah kandidat balon kepala daerah mengambil formulir pendaftaran di DPW Partai NasDem Kalsel.

Hal itu menandakan dinamisnya perhelatan Pilkada 2024, sehingga banyak yang berminat untuk bertarung diusung partai politik (Parpol).

Baca Juga: 901 Mahasiswa UIN Antasari Ikuti Wisuda Sarjana ke-79 dan Pascasarjana ke-49

Terkait informasi HA Rozanie Himawan Nugraha digadang-gadang sebagai bakal calon (balon) Wakil Gubernur Kalsel, mengingat Partai NasDem mendapat 10 kursi di DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ia pun menjawab diplomatis. ‘Kita serahkan ke DPP NasDem, sebab domain lebih banyak untuk Balon Gubernur/Wakil Gubernur ada di NasDem Tower,’ ujarnya.

Jika DPP NasDem, ungkapnya, menugaskan dirinya sebagai balon Wakil Gubernur, dan respon masyarakat bagus terhadap dirinya, maka ‘saya welcome saja’.

Baca Juga: Diberangkatkan 12 Mei 2024 Kloter 1 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Namun, jelas HA Rozanie Himawan Nugraha, di NasDem, ada beberapa kader NasDem yang rencana maju di Pilgub Kalsel 2024. ‘Pendaftaran cagub/cawagub boleh saja di DPP NasDem langsung, namun alangkah baiknya di DPW NasDem mendaftar, sebab jika dimintakan laporan oleh DPP, maka DPW akan lebih mudah melaporkan,’ imbuhnya.

Editor: Afdiannoor Rahmanata

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Siap Ikuti Pilkada 2024, H Zanie Serahkan Berkas Bakal Cawagub ke Golkar Kalsel

M Lutfi Syaifuddin-Habib Fathurrahman Bahasyim Resmi Daftar ke KPU

Anang-Aspihani Sodorkan Dukungan Terbanyak