oleh

Musda XV HIPMI Kalsel Tumbuhkan Ekonomi Banua

Banjarmasin, BARITO – Musyawarah Daerah (Musda) XV BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)  Kalimantan Selatan digelar di Hotel Rattan In Banjarmasin,  Selasa (9/3/2021).

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA langsung membuka secara resmi Musda XV BPDm disaksikan Ketua DPRD Kalsel H Sopian HK, Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syafruddin,  Walikota Banjarbaru HM Aditya Ariffin, Anggota Dewan Pembina HIPMI Ahmadi Noor Supit, dan Gusti Rusdi Effendi AR, dan unsur pejabat, tokoh pemuda, serta anggota HIPMI se-Kalsel.

Kegiatan tiga tahunan atau periode 2021-2023 bertema “Bersama HIPMI Bersinergi Menumbuhkan Ekonomi Banua di Era New Normal” diharapkan pengusaha mampu bangkit kembali. “Saya kira, kita cinta produk Indonesia, khusus UMKM di Kalsel, sebab itu HIPMI mampu melahirkan pengusaha baru dan pemimpin baru di 2024,” pesan Ketum BPP HIPMI Mardani Maming dalam virtual di Musda XV HIPMI Kalsel.

Mantan Bupati Tanah Bumbu itu optimis masa pandemic Covid-19, pengusaha tetap bisa bertahan, bangkit dan lebih maju lagi. “HIPMI optimis pengusaha bisa bangkit kembali,” tuturnya singkat.

Sedang, Plt Ketum BPD HIPMI Kalsel H Hamdillah memastikan peran HIPMI untuk bangsa dan Negara tidak diragukan lagi, sebab mampu melahirkan usaha yang menjadikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. “HIPMI membangkitkan perekonomi bangsa meski tantangan tak mudah. Apalagi HIPMI mampu menumbuhkan usaha dengan lapangan pekerjaan yang memadai,” sebutnya.

Plt Gubernur Kalsel Safrizal ZA lebih mengakui akibat Covid-19, pengusaha harus berjuang, sebab berbagai sektor sangat tertekan.

“Pengusaha dari kalangan HIPMI memiliki kewajiban untuk menciptakan lapangan pekerjaan,  dan mampu meningkatkan PDRB,” bebernya.

Apalagi, sambungnya, banyak komoditi impor di Indonesia, bahkan 500 ribu ton pertahun terjadi impor tepung tapioka. Padahal, tandasnya, kebutuhan Kalsel hanya 10 ton perbulan.  “Sektor industri bisa dibina serta produk lainnya. Meski surplus sektor beras,  sehingga selain beras bisa dioptimalkan seperti ubi kayu dan lainnya.

Dalam organisasi HIPMI harus saling menciptakan keunggulan berkolabirasi dan eksis di saat pandemi covid-19 seperti sektor digital.

“Pemda hanya membangun layanan dasar,  dan pemerintah harus bersinergi dengan HIPMI sebagai mitra strategis untuk kepentingan bangsa. Tingkatkan SDM dengan jiwa kejuangannya untuk membangun Indonesia,” imbuhnya.

santer tersiar ada 3 bakal caketum BPD HIPMI Kalsel yang telah mengembalikan berkas pendaftaran kepada panitia pelaksana.

Mereka adalah Rendy Ronaldy Bimantara Ahmadi Noor Supit, Putra Qamaluddin Attar Nurriqli dan Akhmad Meidy Fahmaridho.

Meski  demikian, dua kandidat bacalon ketua umum yang mengundurkan diri, meski sudah menyerahkan berkas pencalonan ketua umum adalah Putra Qamaluddin Attar Nurriqli dan Akhmad Meidy Fahmaridho. Lantaran mengundurkan diri, maka hanya ada satu calon tunggal yang maju pada Musda ke-XV BPD Hipmi Kalsel, 9 Maret 2021, yakni Rendy Ronaldy Bimantara Ahmadi Noor Supit, yang diperkirakan akan menjadi Ketum BPD HIPMI Kalsel secara aklamasi.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed