Musda 2 Kalsel Digelar, ABUJAPI Perjuangkan Peningkatan Kesejahteraan Satpam

Musda 2 ABUJAPI Kalsel bertema “Gawi Sabumi Menuju Industrial Satpam Profesional dan Peningkatan Sinergi Kemitraan Dengan Polri”.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Agoes Dermawan mengungkapkan, dibutuhkan peningkatan kesejaheteraan bagi para satuan pengaman (satpam) di Indonesia.

“Satpam kini berkembang tidak hanya menjadi sebuah jasa pengamanan saja, tapi sudah menjadi sebuah profesi strategis yang memiliki fungsi ganda, yakni pengamanan dan pelayanan,” ucapnya di sela, Musyawarah Daerah (Musda) 2 ABUJAPI Kalsel dengan tema “Gawi Sabumi Menuju Industrial Satpam Profesional dan Peningkatan Sinergi Kemitraan Dengan Polri”, di Galaxy Golden Tulip Hotel Banjarmasin, Kamis (29/9/2022).

BACA JUGA: Ketua DPD APSI Kalsel Ikuti Seminar Satpam di Kota Jambi

Ia berharap, siapa pun yang terpilih dan memimpin organisasi ABUJAPI di Kalsel dalam Musda tersebut, hendaknya dapat kreatif dan mampu memperjuangkan agar kesejahteraan satpam ditengah berkembang dan strategisnya profesi ini kini.

Menurutnya, organisasi ABUJAPI di Indonesia sudah memiliki 26 cabang di daerah, dengan 4.000 anggota dan memiliki 1,6 juta satpam yang tergabung didalamnya.

Bicara kontribusi pun, sebutnya, untuk negara melalui BPJS Ketenagakerjaan, menembus angka Rp280 Miliar pertahunnya. Ada pun perputaran uang dalam bisnis keamanan yang dikelola oleh ABUJAPI mencapai 4,8 Triliun.

“Melihat besar dan strategisnya jasa keamanan ini, kami berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan satpam dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Sementara itu, Calon Tunggal Ketua Umum BPD ABUJAPI Provinsi Kalsel Suprianto mengaku, memiliki komitmen membawa organisasi ABUJAPI di Banua semakin eksis ke depannya. “Tidak hanya eksis secara organisasi namun juga mampu membawa kesejahteraan bagi para satpam,” tandasnya.

Ada pun caranya, jelas Suprianto, adalah terus berkordinasi dengan pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan kesejahteraan satpam dari sisi tunjangan dan gaji pokok melalui regulasi. Kemudian melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak dalam rangka membantu peningkatan taraf hidup satpam.

“Kita sedang menjajaki kerjasama dengan perbankan dan developer agar para satpam bisa mengakses kredit perumahan dengan mudah dan harganya terjangkau,” timpalnya.

Direktur Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Kalsel Kombes Pol Sri Damar Alam berharap sinergi ABUJAPI dan Polri di Kalsel terjaga dan terjalin unutk memastikan keamanan yang ada di masyarakat.

Sinergi ini penting, sambungnya, sehingga Provinsi Kalsel dapat segera bangkit dan mengejar ketertinggalan dari sisi ekonominya yang sempat melambat 2 tahun terakhir akibat Pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Tak Kantongi Sertifikat Gada Pratama Seragam Satpam Bisa Dilucuti

“Kami mengucapkan selamat bermusyawarah, semoga ABUJAPI organisasinya semakin eksis di Kalsel dan dapat terus menjadi salah satu mitra utama Polri untuk menjaga keamanan di masyarakat,” bebernya.

Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel H Suparno, meminta, sinergi seluruh organisasi di Kalsel termasuk ABUJAPI mampu menggeliatkan sektor perekonomian di Bumi Lambung Mangkurat.

“Investasi dan pergerakan ekonomi di Provinsi Kalsel tidak bisa jalan optimal jika tidak didukung dengan keamanan di masyarakat dan dunia usaha. Untuk itulah kami berharap banyak ABUJAPI dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk sama-sama bergerak membangkitkan ekonomi Banua agar bisa berkembang dan menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua DPRD Kalsel H Supian HK. Bahkan di sela kegiatan ABUJAPI Provinsi Kalsel bersama Polri berkesempatan memotong kue bersama untuk H Supian HK yang belum lama tadi merayakan milad ke-65 tahun. “Semalat ulang tahun ke-65 tahun, Pak Supian HK,” kata Ketua Umum BPP ABUJAPI Agoes Dermawan.

Penulis : Afdi

Related posts

Diproyeksikan Naik 26%, Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi

Apersi Kalsel Dikukuhkan, Wujudkan 10.000 Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Gelar Musda II dan Pelantikan IVENDO Kalsel, Pemprov: Kembangkan Pariwisata di Banua

1 comment

BIB Raih Penghargaan ke-8 Diklat Satpam Gada Pratama XIX Tahun 2022 - Barito Post Kamis, 22 Desember 2022, 05:45 - 05:45
[…] BACA JUGA: Musda 2 Kalsel Digelar, ABUJAPI Perjuangkan Peningkatan Kesejahteraan Satpam […]
Add Comment