Muhammad Yani Helmi Tanamkan Ideologi Pancasila ke Siswa Didik SMP, Ingin Lindungi Generasi Muda Sejak Dini

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanbu.(foto : ist)

Kusan Hilir, BARITOPOST.CO.ID – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi berupaya tanamkan Ideologi Pancasila sejak dini untuk melindungi generasi muda bangsa ini.

Karena itu, pemahaman atas implementasi nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan kepada siswa didik sejak dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal inilah yang dilakukan Muhammad Yani Helmi saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bertempat di SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Kecamatan Kusan Hilir, Kabuapten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin (14/11/2022) siang.

“Meski ini kali pertama Soswasbang digelar ditingkat SMP. Namun, sosialisasi tersebut penting dilakukan untuk memproteksi diri agar ke depan generasi muda kita di banua khususnya peserta didik bisa terbuka luas tentang bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Yani Helmi.

Adik kandung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor ini mengharapkan siswa yang menyimak dan berhasil menyerap materi khusus tersebut mampu mengamalkan bahkan mengimplementasikan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Rencana Revitalisasi Pasar Batuah Tahun Ini Dipastikan Batal

“Kita bersyukur bahwa mereka yang hadir di sini ternyata cerdas. Ini yang kita harapkan sebagai penerus bangsa, sehingga apabila telah menyerap materi yang disampaikan tentu akan baik tak hanya diri sendiri tetapi berguna bagi orang lain,” tutur Yani Helmi.

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Kalsel karib disapa Paman Yani ini turut andil membuka sejarah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia selama masa penjajahan serta tak lupa, ia juga berbagi pengalaman dengan peserta didik bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Ideologi Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

“Sejarah perjuangan dari para pahlawan kita harus turut dijunjung dan diapresiasi setinggi-tingginya. Mengamalkannya seperti apa bisa dengan menunjukkan sebuah prestasi atau menghormati guru, karena mereka juga pahlawan,” paparnya.

Selain itu, ia mengharapkan generasi muda yang kini masih mengenyang sekolah ditingkat menegah pertama ini bisa menggapai mimpinya serta mampu menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

Baca Juga: Basirih Selatan Terpilih sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas

“Kita pernah dijajah. Tetapi untuk kali ini generasi muda harus menjadi ujung tombak dalam  pembangunan, perekonomian hingga peningkatan pendidikan agar sekiranya negara kita terus berkembang dan maju,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Darwanto turut mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi tersebut. Menurutnya, pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sangat baik ditanamkan kepada peserta didik supaya kerukunan serta persatuan terjaga selaras dan seimbang.

“Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Paman Yani yang turut berkontribusi dalam memberikan pembinaan kepada siswa kami. Mudah-mudahan ini dapat diimplementasi dengan harapan persatuan tetap terjaga aman dan terkendali,” ucapnya.

Baca Juga: Minim Dana Hibah Provinsi ke PMI Kalsel Hanya Rp488 juta per tahun

 

 

 

Related posts

HM Tambrin: Layanan Haji Ramah Lansia Dimulai dari Tanah Air

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD

Komisi III DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Angkutan Perkotaan Di Bali dan Inginkan Kereta Api Di Banua