Lomba Motif Sasirangan Kembali Digelar

by baritopost.co.id
1 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Lomba pembuatan motif kain sasirangan kembali digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Banjarmasin ke-496. Sama seperti tahun sebelumnya, lomba digelar di
Rumah Anno Jalan Kapten Pierre Tendean, Rabu (14/9).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, Siti Wasilah menjelaskan, tahun ini tema yang diangkat dalam lomba adalah motif khas Banjar. Referensinya sendiri beragam. Bisa dari ukiran dalam ornamen rumah khas Banjar, hingga tumbuh-tumbuhan.

Lomba ini diikuti 35 peserta. Rinciannya, ada 8 peserta untuk kategori pewarna alam, dan 27 peserta kategori pewarna tekstil.

Semuanya, memamerkan motif sasirangan yang sudah dibuatnya.

Kegiatan itu sendiri digelar, selain mengapresiasi para pengrajin, juga menantang para pengrajin agar lebih menggali wawasan tentang makna atau filosofi motif yang dituangkan dalam kain.

Sederhananya, peserta juga mesti memiliki wawasan tentang budaya Banjar.

“Jadi, ini bukan sekadar lomba,” katanya

Kemudian, melalui lomba itu pula pihaknya mengaku mendorong usaha masyarakat, serta sekaligus bisa menjadi sarana edukasi.

“Baik untuk masyarakat umum maupun pengrajin sasirangan di Kota Banjarmasin,” tambahnya.

Di sisi lain, Wasilah juga menyebut bahwa lomba yang digelar juga sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan.

“Ada pula yang sifatnya kegiatan berupa forum diskusi. Menjaring aspirasi para pengrajin. Selanjutnya, menjadi penduan pembinaan lanjutan didampingi dinas terkait,” jelasnya.

Lantas, apakah ada rencana memasarkan kain khas Banjar ini hingga ke luar negeri? Terkait hal itu, Wasilah menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih fokus di pasar nasional.

Ia berharap, melalui jalan ini, ke depannya bisa merambah pasar yang lebih luas lagi.

“Contoh, beberapa kali kegiatan, kami berkolaborasi dengan desainer nasional. Misalnya, dengan mengikuti Indonesia Modis Fashion Week,” jelasnya.

“Lalu, setiap gelaran Banjarmasin Sasirangan Festival pun, kami selalu menggandeng desainer nasional. Harapan kami, ini menjadi jalan untuk merambah ke pasar yang lebih luas,” tekannya.

“Ditambah lagi dengan adanya kegiatan yang digagas Disperdagin Kota Banjarmasin, melalui pelatihan ekspor dan ada pula pengrajin kita yang sudah digaet Bank Indonesia. Semoga bisa merambah pasar nasional dan lebih luas lagi,” pungkasnya.

Penulis : Hamdani

You may also like

1 comment

Karnaval dan Parade Sasirangan, Ibnu Ajak Masyarakat Cintai Sasirangan - Barito Post 02 Oktober 2022 - 16:43

[…] BACA JUGA: Lomba Motif Sasirangan Kembali Digelar […]

Reply

Leave a Comment