Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Antar Bank Pembangunan Daerah (BPD) terjadi persaingan dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah, sehingga memunculkan dinamika dalam perbankan.
Baca Juga: Prof Dr Ahmad Alim Bachri Sujud Syukur, Status Akreditasi ULM Unggul
Misalnya survey Bank Service Excellence Monitor (BSEM) tahun 2025 yang dilakukan Marketing Research Indonesia (MRI), terjadi perubahan signifikan dalam posisi tiga besar.
Bank Jateng berhasil menempati posisi teratas, diikuti Bank Kalsel yang melesat dari peringkat keempat naik menjadi posisi kedua. Sementara itu, Bank Sumsel Babel menempati posisi ketiga. Bank Kalsel menunjukkan performa yang impresif dengan meraih skor keseluruhan sebesar 83,85%, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di angka 81,43%. Meski tidak mendominasi di semua aspek penilaian, kualitas layanan Bank Kalsel dinilai konsisten dan solid di hampir seluruh indikator.
Baca Juga: Prof Dr Ahmad Alim Bachri Sujud Syukur, Status Akreditasi ULM Unggul
Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengungkapkan peningkatan skor yang merata mencerminkan kualitas layanan yang terjaga secara menyeluruh. “Skor yang merata ini menunjukkan bahwa Bank Kalsel mampu memberikan layanan yang konsisten di semua lini. Kami bersyukur dan bangga bisa menempati posisi runner-up tahun ini,” ujarnya.
Ia menambahkan perbaikan dilakukan secara menyeluruh, baik dari sisi skor maupun peringkat di berbagai kategori. Beberapa aspek yang mengantarkan Bank Kalsel meraih posisi tiga besar dalam survei BSEM 2025 antara lain:
Peringkat 1
• Best Performa ATM
Peringkat 2
• Best Overall Pelayanan Prima
• Best Customer Service
• Best Teller
• Best Overall Walk in Channel
• Best Mobile Banking
• Best Social Media
• Best SMS Banking
Peringkat 3
• Best Satpam
• Best Kenyamanan Kantor Cabang
Baca Juga: Prof Dr Ahmad Alim Bachri Sujud Syukur, Status Akreditasi ULM Unggul
Fachrudin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras seluruh insan Bank Kalsel. “Capaian ini adalah hasil kontribusi kolektif dari seluruh kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan unit kerja terkait. Kita patut berbangga, namun jangan pernah lengah. Di tengah industri perbankan yang semakin kompetitif, penting bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas diri, terus belajar, dan aktif mengikuti perkembangan,” tegasnya.
Untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan capaian di BSEM tahun-tahun mendatang, Bank Kalsel telah menyiapkan berbagai langkah strategis. Yakni, dengan menyelenggarakan pelatihan intensif bagi para petugas frontliner dengan rincian melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai persiapan menuju BSEM 2025–2026. Dan mengundang para ahli di industri perbankan guna memberikan wawasan terbaru terkait tren dan inovasi layanan perbankan.
Baca Juga: Prof Dr Ahmad Alim Bachri Sujud Syukur, Status Akreditasi ULM Unggul
“Dengan semangat transformasi dan pelayanan prima, Bank Kalsel terus berkomitmen menjadi bank pembangunan daerah yang terpercaya dan unggul dalam memberikan layanan kepada Masyarakat,” imbuhnya.
Editor: Afdiannoor Rahmanata
Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya