oleh

Kunker ke Dinkes Kalsel, Senator Inventarisasi Permasalahan Penyakit Menular dan Vaksinasi Covid-19

Banjarmasin, BARITO – Senator Kalsel Habib Zakaria Bahasyim melaksanakan kunjungan kerja (kunker) melakukan inventarisasi Proses Vaksinasi Covid-19 dan permasalahan penyakit menular di Kalimantan Selatan.

Sekertaris Dinkes Kalsel Sukamto menerima Habib Zakaria Bahasyim di aula Dinkes Kalsel. “Saya menanyakan bagaimana upaya pemerintah daerah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan penanggulangan penyakit menular di Kalsel,” ucap Habib Zakaria dalam pertemuan tersebut.

Kemudian, Sekertaris Dinkes Kalsel Sukamto menyampikan jika sampai saat ini masih diprioritaskan kepada pejabat publik dan tenaga kesehatan, yang telah mencapai progres vaksinasi sekitar 50 persen.

“Upaya maksimal yang telah dilakukan pemerintah daerah bnyak mengalami kendala. Ya, seperti regulasi regulasi yang telah ditetapkan pemerintah secara proseduralnya tidak menyentuh  ke arah kultural” ujar Sukamto.

Selain itu, sambung Sukamto, penyakit menular di Kalsel selain Covid-19, pihaknya juga memprioritaskan penanganan  TB, ISPA, HIV , Malaria dan Rabies, sebab angka penularan beberapa penyakit tersebut masih tinggi.

“Lalu, mengenai sebab keterlambatannya pembayaran insentif nakes yang sudah lebih dari 3 bulan, bagaimana,” tanya Habib Zakaria lagi.

Menurut Sukamto, keterlambatan disebabkan karena dana yang dianggarkan  dari pusat memang belum turun kedaerah.

Dalam kunker tersebut juga hadir Sugianto Kepala Pusat Litbangkes yang ikut memaparkan bagaimana seharusnya dalam hal kesehatan pemerintah harus melakukan pendekatan secara mikro.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed