oleh

KONI Kalsel Ingin Porprov Mengacu PON Aceh-Medan

Banjarmasin, BARITO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menginginkan perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI 2022 Hulu Sungai Selatan (HSS) mengacu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Medan. Terutama mengenai nomor cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dimulti even olahraga empat tahunan daerah tersebut.

KONI Kalsel telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) mengenai jumlah Cabor Porprov XI 2022 yang dilaksanakan 5-13 November 2022 di Kandangan, Kabupaten HSS. Sebanyak 42 cabor yang bakal dipentaskan. Namun yang masih menjadi pembahasan mengenai nomor cabor yang akan dipertandingkan.

“KONI Kalsel bersama Delegasi Teknis atau Technical Delegate (TD) cabor dan panita Porprov tengah membahas nomor cabor yang dipertandingkan nantinya,” ungkap Ketua Tim Pengarah Porprov, Gusti Perdana Kesuma yang juga Wakil Ketua II KONI Kalsel Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres), Kamis (22/9/2022) di KONI Kalsel Jl Pangeran Antasari Banjarmasin.

Dalam pertemuan ini, lanjutnya, dibagi dalam dua kelompok. Sesi pertama, diselenggarakan TD cabang olahraga permainan dan terukur. Kemudian dilanjutkan sesi II TD cabang olahraga beladiri dan akurasi.

Untuk diketahui, sambungnya, TD berperan penting dalam penyusunan nomor pertandingan, peraturan pertandingan hingga pada anggaran pelaksanaan Porprov di HSS.

“Kita ingin perhelatan nomor cabor Porprov mengacu pada PON XXI 2024 di Aceh-Medan,” tuturnya.

Tim TD diberi batas waktu sampai
25 September 2022 untuk membuat technical hand book.

“Dengan technical hand book ini sebagai penuntun, petunjuk maupun pedoman dalam pelaksanaan nomor pertandingan setiap cabor Porprov XI 2022 di Kandangan,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Porapar HSS Drs Efran MAP mengatakan, saat ini persiapan venue untuk pertandingan Porprov sudah 95 persen yang akan dimatangkan hingga awal Oktober mendatang.

“Beberapa Pengprov cabor juga sudah ke Kabupaten HSS melihat venue yang dipersiapkan,” ucap Sekretaris Panpel Porprov XI 2022 HSS.

Sekretaris KONI HSS, Mahyuni Suriani Nusi menambahkan, dalam nomor-nomor yang diusulkan oleh TD tersebut akan dilakukan validasi dan verifikasi oleh bidang keabsahan sesuai aturan.

“Setelah pertemuan ini bakal ada pertemuan lebih lanjut lagi guna memantapkan persiapan Porprov,” imbuhnya.

Adapun cabor Porprov XI 2022 HSS, yakni, arung jeram, aeromodelling, anggar, angkat berat, angkat besi, atletik, balap motor, balap sepeda, baseball, biliar, binaraga, bola basket, voli indoor, voli pasir, bridge, bulu tangkis, catur, sancesport, drum band, esports dan futsal. Kemudian gateball, gulat, hapkido, judo, karate, kempo, loncat indah, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sambo, senam, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan dan tinju.

Penulis : Muhammad Tolah
Editor    : Sophan Sopiandi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.