Komisi I DPRD Kalsel Apresiasi Kesiapan Satpol PP dan Satlinmas Dua Kabupaten Hadapi Pemilu 2024

Rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalsel saat kunjungan kerja ke Kantor Satpol PP Kabupaten Batola.(foto : humasdprdkalsel)

Pelaihari, BARITOPOST.CO.ID – Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) apresiasi kesiapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan Barito Kuala (Batola) menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Apresiasi itu disampaikan komisi membidangi pemerintahan dan hukum ini saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tala dan Batola untuk melihat seberapa jauh persiapan mereka menghadapi Pemilu 2024, Kamis (19/1/2023).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Siti Nortita Ayu Febria Roosani, yang memimpin rombongan menegaskan, pentingnya kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam Pemilu serentak nanti.

Baca Juga: Komisi I DPRD Balangan Kunker Ke Samarinda, Pelajari Tata Kelola Kearsipan dan Kebijakan Daerah

Lanjutnya, Satpol PP dan Satlinmas punya peran penting dalam mengawal dan menjaga nilai norma-norma sosial serta jadi garda terdepan penegakan Peraturan Daerah (Perda).

“Aman dan tertibnya satu kota atau daerah tak dapat dipungkiri Satpol PP dan Satlinmas punya andil didalamnya,” tegasnya.

Ditambahkannya, karena itu kesiapan Satpol PP dan Satlinmas menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 menjadi penunjang keamanan dan lancarnya pelaksaan pemilihan tersebut.

“Alhamdulillah, kami melaksanakan kegiatan di dua kabupaten dan sangat luar biasa pertemuan hari ini, baik di Barito Kuala maupun di Tanah Laut,” ucapnya.


Rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalsel saat kunjungan kerja ke Kantor Satpol PP Kabupaten Tala.(foto : humasdprdkalsel)

Dari kegiatan ini, imbuhnya, kami sangat mengapresiasi untuk kesiapan Satpol PP dan Satlinmas terutama nanti di Tanah Laut akan melaksanakan Pilkada serentak dan itu juga sudah dianggarkan di APBD dari Tanah Laut.

“Kami juga berharap di kabupaten lainnya akan melaksanakan kesiapannya untuk menunjang penyelenggaraan Pilpres dan Pilkada di tahun 2024,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Batola, Dahtiar Fajar, S.STP, M.Si mengungkapkan ada kendala-kendala yang belum terealisasi seperti kurangnya anggaran untuk membiayai pelatihan linmas, pembelian atribut dan lain-lain yang menunjang pemilu tahun 2024.

Baca Juga: BPK Kalsel Serahkan LHP ke Bupati Banjar

Terkait kendala yang dihadapi Satpol PP Batola tersebut, diakui Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalsel, Siti Nortita Ayu Febria Roosani setiap kabupaten pasti ada kendala terutama dianggaran hanya saja bagaimana nanti masing-masing pemerintah daerah untuk lebih ada sedikit tanggapan untuk kegiatan-kegiatan yang ada di linmas di desa-desa, karena tidak semua kabupaten itu memberikan anggaran yang cukup untuk linmas.

“Untuk Pemilu 2024, aman tertib dan terlaksana dengan baik, tidak terjadi apapun. Jadi Kalimantan Selatan menjadi project yang terbaik untuk Pilkada dan Pilpres,” harapnya.

Sedangkan Kepala Satpol PP Kabupaten Tala, Muhammad Kusri, SP menyampaikan ucapan terima kasih kedatangan tamu dari Komisi I DPRD Provinsi Kalsel.

“Mudah-mudahan memberikan semangat kepada kami untuk menjaga Tanah Laut kondusif, tentram dan tertib menghadapi pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan presiden,” pungkasnya.

 

Penulis/Editor/* : Sophan Sopiandi

 

Related posts

Perumda PALD Banjarmasin Belajar PAL Dari Tim Malaysia

Anggota DPRD Periode 2024-2029, Ini Kabupaten HST

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

2 comments

Minggu Ini, Seribu Suara Rakyat Kalsel Siap Dijaring Musra XV Kalsel - Barito Post Jumat, 20 Januari 2023, 22:01 - 22:01
[…] Kas Pendapatan 2022 Lebihi Target, Komisi II... Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Jaringan XL... Komisi I DPRD Kalsel Apresiasi Kesiapan Satpol PP... Wali Kota Resmikan Press Room Balai Kota Pasar Lima Banjarmasin, Dinihari Digegerkan dengan […]
Impelmentasikan Keilmuannya, 425 Mahasiswa Hukum Uniska Bersiap Magang - Barito Post Sabtu, 21 Januari 2023, 21:48 - 21:48
[…] Baca Juga: Komisi I DPRD Kalsel Apresiasi Kesiapan Satpol PP dan Satlinmas Dua Kabupaten Hadapi Pemilu 2024 […]
Add Comment