Kendalikan Inflasi, Pemko Banjarmasin-Pemkab Subang Jalin Kerjasama

Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina (kiri) dan Bupati Subang H. Ruhimat (kanan) usai menandatangani Kesepakatan Bersama untuk pengendalian inflasi di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Subang, saling berjabat tangan (foto:istimewa)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina-Bupati Subang H. Ruhimat, menandatangani kesepakatan, dengan menjalin kerjasama untuk pengendalian inflasi di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Subang.

Kesepakatan berlangsung di Aula Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang, pada Jumat, (27/1/2023).

Ibnu Sina, mengungkapkan, inflasi telah menjadi perhatian nasional, sehingga pengendalian inflasi butuh kerja keras dan sinergi antar daerah. “Jadi, tahap awal, kerjasama Pemko Banjarmasin-Pemkab Subang berfokus pada komoditas beras,” ucap Ibnu Sina dalam keterangannya.

BACA JUGA: Sepakat Gelar UKW Bersama, SMSI Kalteng Studi Banding ke SMSI Kalsel

Sebab, sambungnya, Subang berperan sebagai daerah pemasok, dan Banjarmasin sebagai pasarnya. “Karakteristik beras Subang, khususnya beras Pamanukan, dinilai cocok bagi preferensi masyarakat Banjarmasin yang menyukai beras pera,” sebut Ibnu Sina.

Ia mengakui, pada tahun 2022, harga beras di Banjarmasin cenderung meningkat imbas kenaikan harga BBM non-subsidi, serta serangan hama tungro yang menyebabkan gagal panen di sejumlah daerah di Kalimantan Selatan.

“Kami yakin kerjasama dengan Subang akan mengatasi masalah kurangnya pasokan beras yang menjadi pemicu kenaikan harga beras di Banjarmasin,” tambahnya.

BACA JUGA: Rayakan Imlek Bersama HSMS

Untuk itu, sambung mantan anggota DPRD Kalsel ini, ke depan, tidak menutup kemungkinan ruang lingkup kerja sama akan ditingkatkan pada komoditas yang lain. “Banjarmasin dan Subang sama-sama memiliki pelabuhan,” tandasnya.

Bupati Subang, Ruhimat, memastikan, Kabupaten Subang salah satu lumbung padi nasional.  “Kami tetap mempertahankan Subang sebagai lumbung padi nasional, karena menjadi salah satu faktor penting dalam pengendalian inflasi,” tuturnya.

Meski begitu, Ia membeberkan, tingkat inflasi Subang masih di bawah rata-rata Provinsi Jawa Barat. “Kami lumbung padi, sehingga kami mencoba mengatasi dan mempertahankan hal itu,” kata Ruhimat.

Kerjasama antara Pemko Banjarmasin dan Pemkab Subang merupakan bentuk kerja sama Government to Government (G to G).

BACA JUGA: Menangkap Peluang Baru, HidaHasan Indonesia Buka Offline Store Pertama di Banjarmasin

Dalam waktu dekat, kerjasama tersebut akan dilanjutkan dan diimplementasikan hingga ke tataran Business to Business, antara BUMD Subang (PT Subang Sejahtera) dan BUMD Kalimantan Selatan (PT Bangun Banua).

Kerja sama ini diharapkan menjaga ketersediaan beras di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Bimo Epyanto, menyatakan, Bank Indonesia, baik Kantor Perwakilan Kalsel maupun di Jawa Barat, akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam kerangka Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

BACA JUGA: 3 Vial Vaksin Dilaporkan Telah Kadaluarsa

Hal ini, kata Bimo, mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Bimo menyebut, kerjasama Pemko Banjarmasin-Pemkab Subang wujud nyata upaya ekstra pengendalian inflasi, khususnya dari sisi ketersediaan pasokan.

“Upaya ini dilakukan agar inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023,” imbuhnya.

Editor : Afdiannoor Rahmanata

BACA JUGA: Ivan Gunawan : Niat dan Kemauan Serius

Related posts

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

Gubernur Kalsel Bangun Kantor Sekretariat SOIna, Kadispora Letakan Batu Pertama

Anggota DPRD Banjarmasin Terpilih akan Dilantik, Ini Tanggal Pelantikannya…..

2 comments

BPP Lampihong Rencanakan Bangun Agro Wisata Mini - Barito Post Minggu, 29 Januari 2023, 10:23 - 10:23
[…] Paman Birin Terus Bersinergi Antisipasi Bencana  Gunakan Drone Shahed-136 Serang Ukraina Kendalikan Inflasi, Pemko Banjarmasin-Pemkab Subang Jalin Kerjasama Muswil ke-38 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalsel Dibuka TPID Kalsel Gelar Pasar Murah dan Operasi […]
Karlie Hanafi Ingatkan Pentingnya Pengamalan Pancasila dan Perkuat Kesatuan Bangsa - Barito Post Minggu, 29 Januari 2023, 20:09 - 20:09
[…] BACA JUGA: Kendalikan Inflasi, Pemko Banjarmasin-Pemkab Subang Jalin Kerjasama […]
Add Comment