Karlie Hanafi : Masyarakat Rindu Pancasila

by admin
0 comment 2 minutes read

Alalak, BARITO – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dr H Karlie Hanafi Kalianda, SH, MH mengatakan, masyarakat sekarang ini makin merindukan keberadaan Pancasila, yang belakangan nilainya di tengah masyarakat terasa menipis.

Hal itu disampaikan politisi senior Partai Golkar ini saat melaksanakan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Soswasbang) dengan tema ‘Peran Pancasila dalam Menjaga Keberagaman Bangsa’ di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa (13/9/2022).

Karlie mengatakan, masyarakat kembali menginginkan adanya Sosialisasi Pancasila melalui P4 seperti pada pemerintahan orde baru.

“Masyarakat menginginkan kembali adanya sosialisasi nilai-nilai Pancasila yang hampir sama seperti P4 dulu, yang dimulai dari bangku sekolah hingga perguruan tinggi,” tambahnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel ini mengatakan, masyarakat tidak boleh melupakan Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia, seraya membeberkan nilai-nilai ideologi yang terkandung di dalam Pancasila.

Pancasila sebagai asat negara merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus dipahami dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia, sehingga kita memiliki dasar yang kuat dan bisa menentukan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, Staf Ahli DPRD Provinsi Kalsel, H Puar Junaidi, S.Sos, SH, MH selaku nara sumber, antara lain membeberkan tentang Empat Pilar Kebangsaan sebagai tiang penyangga yang kokoh agar masyarakat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

“Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” beber Puar Junaidi.

Dikatakan juga empat pilar tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri demi tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dihadiri Lurah Handil Bakti, Fitriadi, S.Sos serta aparat kelurahan setempat serta 50 orang warga dan tokoh masyarakat setempat ini mendapat sambutan antusias peserta sosialisasi dan seakan menjawab kerinduan masyarakat akan kerinduan terhadap nilai nilai Pancasila.

Rilis    : DPRD Kalsel
Editor : Sophan Sopiandi

You may also like

Leave a Comment