oleh

Kalsel Siapkan Lima Even Bangkitkan Pariwisata

Banjarmasin, BARITO – Setelah lebih setahun seolah mati suri dihantam pandemi Covid-19, kini sektor pariwisata tanah air mulai menggeliat. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pengusaha Event Organizer (Perpeo) mempersiapkan even besar untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.
Menurut Ketua Perpeo Kalsel, Muhammad Rosyadi, pada rapat koordinasi bersama Pemprov Kalsel di Banjarbaru, akhir pekan lalu, pihaknya mengajukan lima even lokal yang diharapkan bisa menjadi ikon Banua.

Kelima even itu, antara lain Suara Semesta, Kilau Sasirangan, Borneo Islamic Expo 2022, Borneo Culture Motoshow Custom, dan Kalsel Triathlon Sport Tourism.

“Di Jawa itu ada Banyuwangi Festival dan Jazz Prambanan. Nah, kita ingin membuat even yang bisa berskala nasional dan menjadi perputaran ekonomi bersama. Mungkin nanti kita kolaborasi dengan PHRI dan Asita,” katanya.

Menurut Rosyadi, setiap even tersebut akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Terkait itu, Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar mengharapkan, pada 2022 pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kalsel yang sekian lama terganggu pandemi Covid-19 kembali bangkit.
‘’Sehingga, perlu gebrakan yang bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan pariwisata oleh berbagai pihak,’’ ujarnya.

Roy pun meminta agar Perpeo membedah lagi konsep lima even tahun 2022 itu.
‘’Bagaimana detailnya dan apa saja yang perlu ditambahkan, selanjutkan akan disampaikan lagi pada rapat pekan depan, termasuk membahas aturan prokesnya. Bukan hanya tahun 2022, tahun 2021 paling tidak sudah ada even,” kata Roy.

Dia juga mengharapkan, lima even yang digagas Perpeo gencar dipromosikan dengan melibatkan startup, animasi, dan sebagainya.

“Dukung acaranya, kalau perlu kita buat desain, buat kajian dan sebagainya, untuk membantu kita menyusun ini,” katanya, yang dikutip dari Antara.

Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira juga menyambut hangat usulan dari Perpeo Kalsel.

Fajar mengungkapkan, indikator performa even yang baik bagi sektor pariwisata suatu daerah, yaitu mendatangkan wisatawan mancanegara, mendatangkan wisatawan domestik, memperpanjang lama tinggal dengan target minimal tiga hari.

“Dukungan untuk ekonomi lokal juga menjadi faktor keberhasilan dari penyelenggaraan pariwisata daerah,” katanya.ant/dya

Editor: Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed