oleh

Hari ini, Banjarmasin Karantina Wilayah

Banjarmasin, BARITO – Soal kesiapan Pemko Banjarmasin melakukan karantina wilayah akhirnya mulai dijalankan.

Kebijakan ini diambil tak lama berselang setelah Pemprov Kalsel mengeluarkan kebijakan membatasi arus masuk wilayah Kalsel.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, dengan dikeluarkannya kebijakan ini, maka tak ada lagi aktivitas orang keluar masuk secara bebas ke kota seribu sungai, khususnya bagi pendatang luar Banjarmasin.  “Mulai hari ini kita melakukan karantina lokal, mudahan kita semua bebas Covid-19,” bebernya.

Ia mengatakan, setiap pintu masuk ke Banjarmasin diperketat dengan penempatan pos pemeriksaan. Adapun titiknya seperti pintu gerbang KM 6, dan Sungai Lulut sebagai perbatasan Kabupaten Banjar.

Kemudian untuk wilayah Handil Bakti sebagai perbatasan Kabupaten Barito Kuala, dan tak terkecuali pintu masuk terbesar yakni Pelabuhan Trisakti. “Saat ini Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan  (LLAJ) Banjarmasin tengah melakukan rapat,” katanya.

Dengan demikian lanjut Ibnu, jika rapat terkait teknis pengawasan selesai dilakukan, paling lambat kebijakan efektif diterapkan besok (hari ini,red). “Prinsip dasar pencegahan penyebaran wabah ini yang ada di Banjarmasin tetap di Banjarmasin, dan yang diluar Banjarmasin tak boleh masuk dengan cara pengetatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan, pembatasan ini  hanya berlaku untuk orang. Sedang keluar masuk barang maupun logistik harus tetap berjalan.

Selain itu ia juga mengimbau kepada pedagang untuk turut mendukung kebijakan ini dan tak memanfaatkan kesempatan ini dengan menaikkan harga.

“Pembatasan itu untuk orang, kemudian untuk bahan pangan tetap harus dalam keadaan normal, pasar juga tetap beraktivitas seperti biasa tapi lebih cepat dalam bertransaksi,” pungkasnya.

Penulis: Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed