oleh

Gereja di Banjarmasin Disterilisasi,  Unit K 9 Samapta Polda Kalsel Terjunkan Anjing  Pelacak Khusus Bahan Peledak

Banjarmasin, BARITO – DALAM rangka pengamanan sejumlah tempat ibadah umat Kristiani menjelang Jumat Agung besok, sejak pagi sekitar pukul 8.30 Wita,Unit Polisi Satwa (K-9) Dit Samapta Polda Kalsel melakukan sterilisasi  beberapa Gereja di Banjarmasin  Kamis (1/4/2021).

Atas perintah Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Direktur Ditsamapta Polda Kalsel Kombes Pol Pepen Supena Wijaya , Kanit K-9 Dit Samapta Polda Kalsel, Bripka AF Samosir bersama unit satwa nya anjing pelacak melakukan sterilisasi lokasi dari bahan peledak di empat gereja di Kota Banjarmasin yaitu Gereja Katedral, Gereja Santa Maria, Gereja HYMK dan Gereja GKKA.

Mengerahkan dua ekor satwa K-9 berkategori pelacak khusus bahan peledak yaitu Brown dan Lana, tak satu pun sudut baik di area luar maupun dalam gereja yang luput dari penyisiran.

Dari hasil penyisiran yang dilaksanakan, tidak ditemui adanya indikasi bahan peledak.

Selain melakukan sterilisasi, Unit K-9 Dit Samapta juga tak ketinggalan mengingatkan jamaah peribadatan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.Direktur Samapta Polda Kalsel, Kombes Pol Pepen Supena Wijaya mengatakan, selain sterilisasi, penjagaan juga akan dilakukan di tempat-tempat ibadah khususnya tempat ibadah Umat Kristiani.

“Dilakukan pengamanan. Karena dilihat kerawanan, identik sasaran-sasaran yang jadi titik bidik ancaman aksi teror kan tempat-tempat keagamaan. Terutama kegiatan keagamaan non muslim. Apalagi kegiatan di Kalender Kamtibmas sekarang menghadapi Misa dan Paskah sebentar lagi,” kata Kombes Pol Pepen. Rencana pengamanan menurutnya berkoordinasi  dengan Biro Ops Polda Kalsel bersama satuan wilayah termasuk Polresta Banjarmasin.

Dit Samapta Polda Kalsel sambung nya akan mengirim 60 personel dalam rangka kegiatan pengamanan ini.

Mereka sudah bergabung mengikuti gelar pasukan pengamanan gabungan di Polresta Banjarmasin termasuk bersama Anggota TNI, Kamis (1/4/2021) sore.

Selain pengamanan di tempat-tempat ibadah menjelang dan selama pelaksanaan ibadah, personel Dit Samapta Polda Kalsel juga fokus melaksanakan patroli pengamanan.

Patroli akan menyambangi tempat-tempat ibadah lainnya meskipun tidak melaksanakan kegiatan khusus.

“Patroli ke tempat-tempat ibadah  meski tidak melaksanakan tetap disentuh juga sebagai antisipasi,” pungkas  Kombes Pol Pepen

Editor: Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed