Gali Potensi PAD Melalui Penguatan Pengawasan

Menara Pandang di Kawasan Siring Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Potensi pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Banjarmasin masih banyak yang tercecer. Oleh sebab itu perlu digali melalui berbagai inovasi yang efektif dan efisien.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin, Edy Wibowo, menyatakan bahwa peluang menambah PAD harus digencarkan. Salah satunya dengan penguatan eksentifikasi strategi pengawasan dan pemeriksaan pajak daerah.

Kegiatannya, seperti sosialisasi pajak daerah dalam rangka kepatuhan wajib pajak daerah terhadap ketentuan dan implementasi alat perekam transaksi usaha secara online.

Tak hanya itu, jajarannya juga akan melakukan pembentukan SK Tim Pengawasan Pajak Daerah dengan melibatkan SKPD terkait.

Baca Juga: Operasi Kewilayahan Lalu Lintas Digelar Hingga 14 Hari Kedepan

Kemudian membuat surat pemberitahuan kepatuhan pajak daerah, sampai meningkatkan pengawasan ke objek pajak dengan melibatkan Kejaksaan Negeri.

“Jadi dilaksanakan evaluasi terhadap Wajib Pajak (WP) yang diawasi per 3 bulan, serta meningkatkan pemanggilan WP daerah ke kantor,” ujar Edy.

Yang tak kalah penting, di tahun 2023 ini jajaran BPKPAD Banjarmasin kembali akan memasang 500 alat perekam transaksi usaha secara online.

“300 alat dari Bank Kalsel, 200 alat dari anggaran BPKPAD. Serta optimalisasi penggunaan aplikasi ‘Pepadaan’ (Fitur aplikasi pajak parki),” pungkasnya.

Baca Juga: Pajak Restoran Penyumbang PAD Tertinggi, Nilainya Rp 74 Miliar

Terakhir, terkait penguatan strategi pemeriksaan pajak daerah, Edy bilang akan melakukan pembentukan SK Tim Pemeriksaan Pajak Daerah, pembentukan SK Tim Quality Assurance pemeriksaan pajak daerah.

“Sampai kita lakukan optimalisasi pemeriksaan pajak daerah dengan meningkatkan jumlah objek pajak yang diperiksa,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Related posts

Perumda PALD Banjarmasin Belajar PAL Dari Tim Malaysia

Konsolidasi Bawaslu RI dengan Media Sebagai Pilar Demokrasi

PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif